Bisnis

Mengulik Kelezatan Masakan Garang Asem Ayam

Indonesia memiliki banyak sekali masakan khas tradisional yang kaya rempah dan gurih. Selain opor dan gulai, ada salah satu masakan khas nusantara yang juga tidak kalah lezat, yaitu garang asem ayam. Makanan khas yang satu ini juga diolah dengan menggunakan proses tradisional dan masih terjaga keotentikannya sampai saat ini.

Apa Itu Garang Asem Ayam?

Masakan ini merupakan kuliner khas dari Jawa Tengah. Bahan utamanya yaitu ayam yang diolah menjadi masakan berkuah yang gurih dan juga lezat. Masakan ini menggunakan berbagai rempah dan juga santan sehingga membuatnya menjadi kental dan gurih.

Proses pengolahannya pun cukup unik. Karena meskipun berkuah, ternyata dagingnya diolah dengan cara dikukus menggunakan daun pisang. Hingga saat ini, kuliner khas Jawa Tengah tersebut masih diolah dengan menggunakan daun pisang.

garang asem ayam

Bahan-Bahan dan Cara Pengolahan

Selain cara pembuatannya yang mudah, bahan-bahannya pun sangat mudah sekali untuk didapatkan. Bahan utamanya yaitu daging ayam. Sedangkan untuk bumbunya sendiri yaitu seperti santan yang kental, bawang putih, bawang merah, jahe, minyak goreng, lengkuas, dan beberapa bumbu lainnya.

Sedangkan untuk membuatnya tambah gurih lagi biasanya menggunakan penyedap rasa, gula, garam, merica, dan beberapa bumbu yang lainnya.

Untuk mengolah makanannya pun tergolong sangat mudah sekali. Hanya saja proses pengukusan masakan ini harus telaten saat membungkusnya dengan menggunakan daun pisang. Untuk membuatnya kokoh dan tidak mudah lepas Anda bisa menggunakan tusuk gigi.

Anda juga bisa mengolahnya menjadi masakan pedas jika anda menyukai pedas. Anda bisa menggabungkan cabe rawit dan juga keriting.

Masakan ini juga bisa Anda olah dengan pelengkap seperti belimbing wuluh. Proses pengukusan ayam pastikan tepat, yaitu sekitar 40 menit. Dengan begitu, ayam terasa lebih empuk ketika dikonsumsi untuk dinikmati bersama keluarga.

Masakan ini tidak hanya untuk makanan spesial di hari-hari tertentu saja. Anda bisa mengolahnya di hari-hari biasa.

Itulah informasi seputar masakan khas nusantara yang tidak kalah lezat dari masakan luar negeri. Garang asem ayam juga bisa Anda olah sendiri di rumah. Untuk resepnya Anda bisa cek langsung di situs Unilever Food Solutions (UFS).

.

Related Articles

Close