Bisnis

Ingin Membeli Cincin Berlian Asli? Ketahui Ciri-cirinya Dulu!

Semua wanita ingin membeli cincin berlian untuk membuat penampilannya semakin menawan. Namun cincin berlian asli memiliki harga yang mahal sehingga Anda harus berhati-hati saat akan membelinya. Sebelum membeli cincin, akan lebih baik jika Anda mengetahui ciri-cirinya. Jadi Anda tidak akan tertipu dengan barang duplikasi atau palsu. Langsung saja, berikut ini adalah ciri-ciri cincin dengan berlian asli yang perlu Anda ketahui:

Berlian Tidak Mudah Tergores

Berlian termasuk batu terkeras yang ada di Bumi, jadi batu ini memiliki karakteristik tidak mudah tergores. Malah sebaliknya, berlian bisa menggores benda lainnya. Anda bisa mencoba mengeceknya dengan menggoreskan berlian pada kaca atau amplas. Jika tidak tergores, maka cincinnya asli.

Berlian Tidak Mudah Retak

Selain tidak mudah tergores, cincin asli juga tidak mudah retak. Tingkat kekerasan dari berlian sangat tinggi sehingga tidak akan mudah retak maupun hancur saat berbenturan dengan benda lain. Jika ada retakan pada cincin yang Anda beli, maka bisa saja cincin tersebut palsu.

Berlian Memiliki Warna yang Beragam

Sebagian besar orang mengira bahwa berlian hanya berwarna putih transparan saja. Padahal sebenarnya berlian memiliki warna lain seperti kuning, biru, merah, dan lain sebagainya. Namun karena sangat langka, cincin dengan berlian berwarna harganya sangat mahal. Jika cincin berlian solitaire dengan berlian berwarna memiliki harga yang murah, Anda boleh meragukan keasliannya.

Berlian Mampu Memantulkan Cahaya

Berlian memiliki kilauan yang sangat indah hingga banyak wanita menyukainya. Kilauan itu terjadi karena berlian bisa memantulkan cahaya ke segala sudut. Sedangkan berlian palsu biasanya hanya memantulkan cahaya dari satu sisi saja.

Pencerminan Berlian Tidak Jelas

Untuk mengetahui keaslian berlian pada cincin yang dibeli, Anda memang harus cermat dan teliti. Ingat bahwa berlian tidak memiliki pencerminan yang jelas. Jadi Anda tidak bisa melihat benda apapun di balik berlian tersebut. Biasanya dilakukan tes koran untuk mengetahui pencerminan berlian.

Berlian Tidak Bisa Panas

Salah satu ciri berlian asli yaitu memiliki sifat penghantar panas. Jadi Anda tidak akan merasa kepanasan saat berlian terkena panas atau api. Batu mulia satu ini segera memberikan reaksi ketika udara dan zat panas mendatanginya. Karena ini pula, berlian tidak akan hancur meskipun dipanaskan di atas api.

cincin berlian asli

Berlian Tidak Berkabut

Ciri selanjutnya yaitu berlian tidak berkabut. Biasanya ciri satu ini digunakan untuk menguji keaslian berlian. Caranya yaitu dengan menghembuskan napas langsung ke arah berlian. Jika berlian asli, maka tidak akan ada kabut yang tertinggal. Sebaliknya, berlian yang palsu meninggalkan kabut meskipun beberapa detik saja.

Memiliki Sertifikat

Jika akan membeli cincin berlian yang asli, Anda wajib mencari tahu sertifikatnya. Sebenarnya ada juga cincin asli yang tidak memiliki sertifikat. Namun sertifikat ini menjadi jaminan keaslian, jadi sebaiknya pilih cincin yang memiliki sertifikat. Selain itu, sertifikatnya juga harus asli dan dikeluarkan oleh lembaga kredibel.

Dijual di Toko Kredibel

Ciri terakhir yaitu dijual di toko kredibel dan terpercaya. Untuk mendapatkan cincin yang terjamin keasliannya, maka pilih toko perhiasan berlian yang kredibel. Jangan tergoda dengan harga yang murah karena belum tentu asli.

Itulah ciri-ciri cincin berlian asli yang perlu Anda ketahui. Jika mencari toko perhiasan dengan perhiasan berlian asli, Anda bisa memilih Mondial Jeweler. Semua koleksi cincin berlian yang ditawarkan dijamin keasliannya dengan sertifikat dari lembaga kredibel. Lihat koleksi cincin Mondial Jeweler untuk mempertimbangkan desain yang diinginkan. Anda bisa melihat koleksinya di toko fisiknya atau website www.mondialjeweler.com.

Related Articles

Close