Bisnis

Manfaat Dari Kalkulator Deposito untuk Memudahkan Urusan dalam Menabung

Metode penghitungan suku bunga yang bergantung pada metode simpanan akan berbeda untuk setiap bank. Suku bunga tabungan normal akan ditawarkan oleh bank, sesuai dengan peraturan Bank Negara. Orang yang mengirim uang ke tabungan akan memberi perhatian khusus pada tingkat bunga dengan kalkulator deposito. Dan memiliki pertanyaan yang sama, “Bagaimana cara menghitung tingkat bunga?” Bergabunglah dengan Bank SinarMas untuk melihat tingkat suku bunga yang kompetitif dan cara menghitung suku bunga bank untuk tabungan!

Bagaimana Menghitung Tingkat Bunga untuk Simpanan

Ada berbagai macam bentuk tabungan seperti tabungan bulanan, tabungan deposito, dan untuk setiap bentuk, akan ada cara untuk menghitung tingkat bunga tabungan. Anda perlu menentukan jenis layanan simpanan untuk mendapatkan cara yang paling akurat dalam menghitung tingkat bunga tabungan bank.

kalkulator deposito
kalkulator deposito

Pertama, giro. Ini adalah bentuk tabungan tanpa syarat. Pengirim dapat menarik uang tunai kapan saja dan tanpa pemberitahuan sebelumnya ke bank.  Oleh karena itu, perhitungan suku bunga tabungan giro dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Bunga = Jumlah simpanan x suku bunga (% / tahun) x jumlah hari sebenarnya disimpan / 360

Menghitung Tabungan Berjangka Suku Bunga

Selanjutnya adalah bentuk deposito. Dengan jenis layanan ini, dengan kalkulator deposito , jumlah simpanan akan ditetapkan suku bunga berjangka bersama dengan suku bunga komitmen. Bank SinarMas akan menawarkan banyak istilah berbeda bagi nasabah untuk dengan mudah memilih sesuai dengan kebutuhan mereka (tabungan bulanan, triwulanan, tahunan).

Dengan demikian, cara menghitung suku bunga tabungan bank untuk kasus ini adalah sebagai berikut:

  • Resep: Bunga = Jumlah simpanan x suku bunga (% tahun) x jumlah hari / 360 . Atau:
  • Bunga = Jumlah simpanan x suku bunga (% tahun) / 12 x jumlah bulan simpanan .

Keuntungan:

  • Deposito berjangka menerima tingkat bunga yang lebih tinggi daripada giro.
  • Jika Anda menarik uang Anda sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, Anda akan menerima tingkat bunga penuh yang Anda pilih.
  • Karena nilainya yang tinggi, sebagian besar orang memilih metode ini untuk menghemat uang.

Solusi Tabungan Cerdas Bank SinarMas

Suku bunga saat ini untuk setoran bank dengan formulir online lebih menarik daripada setoran langsung di konter. Karena itu, nasabah saat ini sering kali memprioritaskan setoran online di bank. Selain itu, untuk membantu Anda meminimalkan insiden yang tidak diinginkan sekaligus menjaga suku bunga maksimum, Bank SinarMas memiliki solusi tabungan cerdas untuk Anda:

  • Memperbarui tabel suku bunga bank secara teratur setiap hari untuk memilih waktu setoran yang sesuai.
  • Masukkan jumlah yang ingin Anda setor agar aplikasi menghitung jumlah persis yang Anda terima pada tanggal jatuh tempo dengan suku bunga terbaik.
  • Periksa tanggal jatuh tempo dan Anda harus menarik tabungan Anda pada tanggal tersebut untuk mendapatkan pengembalian terbaik, karena tingkat bunga saat ini hanya 1% / tahun.
  • Dalam hal tanggal jatuh tempo, uang dari buku tabungan secara otomatis akan ditransfer ke rekening giro dan aplikasi akan segera memberitahu Anda.
  • Saat membuka buku tabungan di Bank SinarMas, aplikasi selalu merekomendasikan untuk membagi setoran menjadi 4 buku tabungan kecil. Sehingga Anda dapat menarik uang secara fleksibel sebelum jatuh tempo sambil mempertahankan suku bunga yang baik untuk sisa buku tabungan.
  • Sebutkan setiap buku tabungan untuk disortir, dicari, dan tetap termotivasi setiap hari.
  • Strategi simpanan tabungan jangka panjang yang aman

Semoga informasi ini dapat membantu Anda memahami tentang kalkulator deposito untuk menabung secara cerdas. Jika Anda ingin membuka buku tabungan dengan SimobiPlus, segera hubungi Bank SinarMas!

Related Articles

Close