makanan

5 Langkah Membuat Cumi Saus Tiram Lezat

Masakan seafood cumi merupakan salah satu makanan yang banyak sekali peminatnya. Alasanya karena makanan tersebut terasa sangat enak apalagi jika cumi tersebut dibuat menjadi cumi saus tiram. Cumi merupakan jenis dari banyak seafood yang paling banyak di masak dikarenakan cara untuk dapat mengolahnya sangat mudah sekali. Apalagi cumi tersebut dibuat menjadi cumi saus tiram yang akan dapat menambah selera makan dan merupakan cita rasa khas masakan Indonesia. Resep cumi saus tiram tentunya sangat mudah dan juga praktis. Rasanya akan terasa sangat enak karena saus tiram akan meresap pada daging cumi yang mempunyai bentuk sangat lembut. Biasanya Anda bisa merasakan seafood cumi saus tiram di restoran, namun sekarang ini Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini 5 langkah membuat cumi saus tiram :

  1. Cuci terlebih dahulu cumi sampai bersih, kemudian potong-potong sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu taburkan garam dan sedikit air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 15 menit dan setelah itu bilas menggunakan air bersih.
  2. Ambil bawang merah, cabe dan bawang putih kemudian haluskan. Ambil minyak goreng dan panaskan menggunakan wajan, lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi kedalam wajan. Beri bahan tambahan seperti daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas agar cita rasa cumi menjadi khas. Matangkan bumbu tersebut sampai benar-benar harum.
  3. Masukan cumi ke dalam bumbu yang sudah ditumis kemudian aduk sampai benar-benar merata dengan bumbu.
  4. Masukan gula, merica, garam dan saus tiram ke dalam wajan, tuangkan air kemudian tambahkan belimbing wuluh.
  5. Langkah paling akhir yaitu masaklah sampai benar-benar air menjadi sangat sedikit. Jangan terlalu lama ketika memasaknya. Anda cicipi terlebih dahulu rasanya sebentar dan jika sudah pas masakan sudah siap disajikan.

Cumi merupakan hewan laut yang sangat lezat dan bisa Anda olah dengan banyak inovasi masakan termasuk cumi saus tiram. Resep cumi saus tiram diatas bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah karena membuatnya sangat praktis.

Website unilever food solutions (UFS) merupakan website yang membagikan artikel tentang masakan termasuk resep cumi saus tiram karena website UFS ini dibuat lebih dari 300 chef profesional yang tentunya sangat mengerti kebutuhan Anda di dapur terutama cara membuat cumi saus tiram.

Related Articles

Check Also

Close
Close