Bisnis

Perbedaan KTA Syariah dan Konvensional yang Perlu Anda Ketahui

KTA atau Kredit Tanpa Agunan merupakan produk kredit bank yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Alasan utama mengapa produk ini sangat populer yaitu karena tidak adanya agunan atau jaminan yang harus diserahkan oleh debitur. Ketika ingin mengajukan KTA, ada dua produk yang ditawarkan oleh bank yaitu KTA syariah dan KTA konvensional. Apa perbedaan keduanya? Berikut pembahasannya:

Non Bunga dan Bunga

Perbedaan paling utama dari kedua produk ini adalah ada dan tidak adanya bunga bank. Sesuai namanya, produk syariah dibuat berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Oleh sebab itu, bank tidak membebankan bunga kepada nasabah. Sebaliknya, kredit konvensional membebankan bunga kepada nasabah dengan nilai yang beragam atau sesuai ketentuan bank.

Kta Syariah

Risiko

Perbedaan KTA syariah dan konvensional selanjutnya ada pada risiko. Kredit berbasis syariah lebih rendah risiko dibandingkan kredit konvensional. Pasalnya kreditur (bank) dan debitur (nasabah) sama-sama menanggung risiko kerugian. Hal tersebut lantaran prinsip syariah yang digunakan adalah bagi hasil. Namun pada KTA konvensional, nasabah akan menanggung risiko sendiri. 

Lembaga Pengawas 

Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga yang mengawasi bank dan produk konvensional. Bank memang berhak menentukan bunga yang mereka bebankan kepada nasabah. Namun bunga tersebut tetap harus sesuai dengan aturan yang ditetapkan Bank Indonesia. Selain Bank Indonesia dan OJK, kredit syariah juga diawasi oleh Dewan Syariah Nasional. Jadi semua sistem yang ada pada produk syariah tidak boleh menyalahi ketentuan Dewan Syariah Nasional.

Tujuan Pemakaian Dana

Perbedaan yang terakhir yaitu ada pada tujuan pemakaian dana. Pada KTA konvensional, nasabah bebas menggunakan dana pinjamannya. Asalkan penggunaannya tidak bertentangan dengan undang-undang. Sementara penggunaan KTA berbasis syariah tidak boleh menyalahi undang-undang maupun hukum Islam.

Sudah tahu perbedaan antara KTA syariah dan KTA konvensional? Apabila Anda membutuhkan produk KTA baik itu syariah maupun konvensional, Anda bisa memilih produk dari Bank Danamon. Bank swasta satu ini menawarkan produk lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda. Produk syariah yang ditawarkan menggunakan beberapa jenis akad seperti murabahah, muntahia bittamlik, dan lain sebagainya. Cari tahu lebih lengkap mengenai KTA dari Bank Danamon di www.danamon.co.id

Related Articles

Close