Kesehatan

Pilihan cemilan sehat untuk anak balita

Anak-anak yang memasuki usia balita sedang berasa di dalam tahapan Golden atau usia keemasan dalam masa tumbuh kembang seorang anak. Pada tahapan tersebut anak-anakan mengalami perkembangan fisik dan otak yang cukup signifikan sehingga membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang baik. Pada saat usia tersebut mereka juga sudah mulai rewel dan pilih-pilih ketika akan mengkonsumsi sebuah makanan. Ibu perlu menyiasatinya dengan berkreasi membuat beberapa jenis cemilan anak sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dalam memberikan makanan ringan dari bahan-bahan yang sehat maka kebutuhan nutrisi dan gizi akan tetap terpenuhi dengan baik sekaligus si kecil akan lebih bersemangat untuk menyantap makanan yang telah disajikan.

Berikut ini ada beberapa macam pilihan resep cemilan anak sehat yang bisa dibuat dengan sangat mudah oleh ibu salah satunya adalah bread roll atau roti gulung. Untuk membuat cemilan ini bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah 4 lembar roti tawar yang sudah dipisahkan dari kulitnya, 2 buah pisang yang sudah dilemahkan hingga halus,, 1 butir telur, mentega secukupnya keju parut susu UHT dan kayu manis bubuk secukupnya. Cara membuatnya adalah siapkan wadah mangkuk Kocok telur dengan sedikit susu sehingga tercampur dengan sempurna. Didih kan roti yang diolesi dengan mentega lalu isi dengan parutan keju dan lumatan pisang kemudian gulung hingga semua bahan habis. Celupkan roti ke dalam campuran susu dan telur lalu siapkan teplon dan Panaskan mentega. Panggang roti hingga matang selama kurang lebih 10 menit. Setelah roti terlihat matang angkat dan tiriskan serta potong Potong Roti dan taburi dengan kayu manis bubuk.

Resep cemilan anak sehat berikutnya yang bisa dibuat dengan sangat mudah adalah bola-bola mie brokoli. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2 butir telur, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 bungkus mie instan satu tangkai kecil brokoli yang telah dicuci lalu dipotong kecil-kecil garam secukupnya dan lada bubuk. Cara membuat cemilan bola-bola mie brokoli adalah dengan memasak mie instan tanpa bumbu lalu tiriskan dan sisihkan sejenak. Langkah berikutnya adalah menghaluskan Bawang Putih dan Bawang Merah Kemudian campurkan dengan kocokan telur lalu tambahkan lada bubuk serta garam secukupnya Kemudian aduk hingga rata masukkan mie instan dan brokoli ke dalam campuran adonan lalu aduk kembali hingga merata. Langkah berikutnya adalah memanaskan minyak goreng serta menuangkan adonan sedikit demi sedikit dengan bentuk bulatan. Masak hingga matang lalu tiriskan hingga semua adonan habis.

Related Articles

Close