makanan sehat untuk ibu hamil

Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Tiap Trimester

Kebutuhan gizi ibu hamil tentunya berbeda saat ia tidak hamil. Ibu yang sedang hamil memerlukan berbagai makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi dirinya dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Untuk hal tersebut bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil menjadi sangat penting diperhatikan, apalagi saat usia kehamilan pada trimester pertama, gangguan mual dan muntah menjadikan sulitnya makanan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil.

Dalam menjaga asupan makanan sehat untuk ibu hamil pada kurun waktu per trimester usia janin bayi, perlu diperhatikan dalam asupan gizinya. Hal ini sesuai dengan perkembangan usia janin pula. Lalu bagaimana memilih asupan makanan sehat yang sesuai dengan perkembangan bayi pada tiap trimester? Berikut ini tipsnya.

  1. Untuk trimester pertama. Memilih makanan sehat untuk trimester pertama sebaiknya diusahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Ini karena asam folat bermanfaat dalam membantu dalam perkembangan sistem saraf dan juga otak janin. Selain itu konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B6 dan zat besi juga penting supaya ibu hamil tidak terus merasakan mual yang sering terjadi pada trimester pertama dan membuat ibu hamil tidak kekurangan sel darah merah.
  2. Untuk timester ke dua. Pemilihan makanan pada trimester dua sebaiknya memilih makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang banyak. Hal ini karena pada masa ini janin mengalami perkembangan pada tulang. Dengan asupan vitamin D yang cukup maka kesehatan tulang janin akan terjaga. Selain itu kandungan makanan dengan  asam lemak omega 3 juga penting dalam membantu perkembangan otak janin.
  3. Untuk trimester ke tiga. Pada usia ini usia janin dalam kandungan mendekati masa persalinan. Untuk itu memilih makanan pada masa ini diusahakan makanan yang mengandung vitamin K. Adanya asupan vitamin K bisa membantu dalam proses pembekuan darah saat persalinan nanti. Selain itu sebagai sumber energi yang baik jangan lupakan juga karbohidrat. Konsumsi serat dan air putih juga penting selama kehamilan pada trimester ke tiga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *