Kesehatan

5 Manfaat Dari Cara Mengajari Anak Membaca Sejak Usia Dini

Saat ini sudah banyak orang tua yang memberikan pelajaran membaca meski usia anak masih terbilang dini. Cara mengajari anak membaca dilakukan dengan banyak cara agar mereka mampu mengenal huruf dan kosa kata sedini mungkin.

Tidak ada yang salah bila Anda ingin mencoba cara mengajari anak membaca dengan berbagai konsep. Namun, Anda harus pastikan kalau anak memang sudah siap untuk menerima pembelajaran dari orang tua mereka.

Lalu, manfaat dengan memberikan pengajaran membaca sejak dini apa? Nah, Anda penasaran bukan? Berikut ini ada beberapa ulasan mengenai manfaat dari mengajari anak membaca sejak dini. Yuk simak!

Cara mengajari anak membaca
Cara mengajari anak membaca

Manfaat Dari Cara Mengajari Anak Membaca Sejak Dini

Mengajari membaca sejak kecil atau usia dini, tidak pernah menjadi masalah. Bahkan beberapa psikolog anak pun mengatakan demikian. Namun yang harus pastikan adalah kesiapan anak saat akan menerima ilmu yang harus mereka serap sejak dini.

Saat ini, ada berbagai cara dilakukan untuk mengajari anak membaca. Salah satunya adalah dengan metode bermain sambil belajar. Beberapa orang tua banyak yang berhasil menerapkan cara tersebut, tapi diantaranya gagal dengan alasan sang anak belum siap.

Jangan memaksakan kehendak bila anak belum menunjukkan kesiapannya untuk belajar membaca. Meskipun dilakukan dengan metode bermain sambil belajar, bila anak belum dan Anda tetap memaksakan diri, hasilnya akan nihil.

Harus ada kesiapan diri yang baik, tidak hanya dari pihak orang tua tetapi juga dari pihak sang anak. Dengan demikian akan terjadi kerjasama yang baik di antara kedua belah pihak.

Adapun manfaat yang dicari oleh orang tua saat ini dengan memberikan pengajaran membaca sejak dini diantaranya adalah :

  1. Anak mudah mengenal huruf sejak kecil.
  2. Orang tua berharap anak menjadi pintar bila mereka memasukkan anak ke sekolah sejak usia dini.
  3. Anak dapat melakukan segalanya dengan lebih terarah dan sesuai dengan petunjuk yang ada di lingkungan sekitar mereka.
  4. Anak mampu memilah dengan baik saat diberikan dua pilihan.
  5. Orang tua akan sangat bangga bila anak sudah mampu membaca di usia yang masih sangat muda.

Bila melihat manfaat cara mengajari anak membaca di atas, mungkin terkesan memaksakan bukan? Namun tidak semua manfaat di atas berkonotasi negatif. Karena masih banyak lagi alasan atau manfaat yang dirasakan oleh orang tua bila anak-anak mereka mampu membaca sejak dini. 

Dan untuk mendukung perkembangan anak, maka harus tahu bahwa tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Related Articles

Close