Kesehatan

Cegah Penyakit Leptospirosis pada Anjing dengan Vaksinasi

Leptospirosis merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa terjadi pada anjing peliharaan. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonotik yaitu penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya. Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Tindakan pencegahan sangat penting agar tidak terjadi infeksi penyakit ini.

Gejala klinis dari leptospirosis seringkali berhubungan dengan penyakit ginjal, hati atau gangguan reproduksi. Dimana gejala umum yang sering muncul seperti demam, lesu, muntah, diare dan selaput lendir (mukosa) kuning. Setiap kasus bisa menghasilkan level dan tipe penyakit atau gejala klinis yang berbeda-beda. Tanda-tanda klinis yang muncul berkisar dari infeksi subklinis ringan hingga kegagalan multi organ bahkan kematian. Anjing peliharaan yang terkena leptospirosis umumnya menunjukkan tanda-tanda, seperti:

  • Demam
  • Otot yang sakit dan enggan untuk bergerak
  • Kelemahan
  • Depresi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Muntah
  • Diare
  • Batuk
  • Hidung berair
penyakit leptospirosis

Anjing peliharaan yang telah terinfeksi Leptospira bisa sembuh jika segera diobati dengan tepat. Namun, dalam beberapa kasus, hewan yang bisa sembuh dari infeksi Leptospira memiliki konsekuensi jangka panjang. Termasuk terjadinya kerusakan fungsi ginjal atau hati. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan terhadap leptospirosis yaitu dengan vaksinasi.

Leptospirosis bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi terhadap anjing peliharaan anda. Penting sekali untuk memastikan bahwa anak anjing mendapatkan suntikan vaksinasi yang diperlukan pada usia yang tepat. Vaksinasi yang paling efektif perlu diberikan pada tanggal tetap beserta dengan pemberian booster. Anak anjing peliharaan biasanya memulai program vaksinasi ketika berusia 6 hingga 8 minggu.

Pemberian vaksinasi leptospirosis bisa diberikan pada anak anjing peliharaan pada usia 11 – 13 minggu. Selanjutnya dilakukan dengan pemberian booster pada minggu 15 – 17. Anak anjing peliharaan Anda dianggap telah di vaksinasi terhadap penyakit leptospirosis setelah mendapatkan suntikan vaksinasi kedua. Pemberian vaksin untuk leptospirosis adalah salah satu vaksinasi wajib. Oleh karenanya, vaksinasi ini selalu diberikan kepada anak anjing dan merupakan bagian dari program vaksinasi yang dilakukan.

Anda harus selalu memastikan anjing peliharaan mendapatkan vaksin wajib penuh. Selain itu, anda juga perlu mendiskusikan gaya hidup anjing peliharaan dengan dokter hewan. Hal ini sangat penting untuk memastikan anjing peliharaan Anda juga diberi vaksin yang direkomendasikan. Diskusikan kebutuhan hewan peliharaan anda bersama ahlinya di layanan konsultasi Royal Canin.

Related Articles

Close