Bisnis

Hal yang Membuat Pinjaman Dana Anda Ditolak

Mobil merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bekerja, jalan-jalan, mengunjungi kerabat, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, orang yang mampu membeli mobil pasti memiliki setidaknya satu mobil di rumah.

Tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi saja, Anda juga bisa memanfaatkan BPKB mobil untuk meminjam dana. Saat ini sudah banyak pinjaman dana jaminan bpkb mobil yang ditawarkan oleh bank maupun perusahaan keuangan.

Meskipun menggunakan jaminan berupa BPKB mobil, namun masih ada saja yang gagal memperoleh dana pinjaman. Apakah Anda juga pernah? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui hal-hal yang membuat pinjaman jaminan BPKB mobil ditolak agar bisa menghindarinya.

Langsung saja berikut ini diantaranya:

pinjaman dana jaminan bpkb mobil
Pinjaman dana jaminan bpkb mobil

source : https://cdn2.tstatic.net/padang/foto/bank/images/suasana-kantor-bfi-finance-cabang-padang-yang-beralamat-di-jalan-khatib-sulaiman.jpg

Dokumen Persyaratan Tidak Lengkap

Setiap bank atau perusahaan pembiayaan pasti mengharuskan Anda untuk melengkapi dokumen yang dijadikan sebagai persyaratan. Pada umumnya, dokumen persyaratan yang diminta diantaranya yaitu fotokopi KTP, KK, NPWP, slip gaji, dan rekening koran 3 bulan terakhir. Namun ada beberapa lembaga yang memberikan persyaratan lebih. Karena terlalu terburu-buru banyak orang yang tidak teliti saat menyiapkan dokumen sehingga ada dokumen yang terlupa. Agar tidak ada dokumen yang terlupa, Anda perlu membaca dengan teliti apa saja dokumen yang diminta.

Usia dan Kondisi Mobil Tidak Sesuai Ketentuan

Tidak semua mobil akan diterima sebagai jaminan. Oleh sebab itu, biasanya ada persyaratan mengenai usia dan juga kondisi mobil. Jika mobil Anda tua dan kondisinya kurang layak maka bisa dipastikan bahwa pengajuan pinjaman akan ditolak. Sebaliknya, semakin muda usia mobil dan juga semakin baik kondisinya maka peluang pinjaman disetujui akan semakin tinggi. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya cek tahun pembuatan dan juga kondisi mobil Anda.

Merek Mobil Tidak Sesuai

Selain usia dan kondisi, merek ternyata juga berpengaruh pada keberhasilan pengajuan pinjaman yang Anda lakukan. Beberapa perusahaan terkadang tidak menerima merek mobil tertentu jika keluarannya sudah lama karena kondisi yang dinilai kurang baik. Namun untuk merek dan negara terkenal, bisa saja pengajuan diterima meskipun mobil keluaran lama. Jadi sebaiknya pastikan merek dan negara apa saja yang akan diterima.

Lokasi di Luar Jangkauan

Banyak orang mengajukan pinjaman secara online tanpa melihat jangkauan wilayah dari perusahaan yang dipilih. Pasalnya, meskipun diajukan secara online, perusahaan tetap datang ke lokasi untuk melakukan survey langsung. Jika lokasi tidak bisa dijangkau maka survey tidak bisa dilakukan sehingga pengajuan pinjaman yang Kamu lakukan akan ditolak. Untuk mengetahui lokasi jangkauan, Anda bisa bertanya pada customer service.

Riwayat Kredit Buruk

Riwayat kredit menjadi pertimbangan utama sebuah perusahaan dalam menolak atau menyetujui pengajuan pinjaman jaminan BPKB mobil. Jika riwayat kredit buruk maka secara otomatis pengajuan yang Anda lakukan akan sangat sulit untuk diterima. Riwayat kredit buruk jika Anda pernah mendapatkan masalah seperti gagal kredit, kredit macet, dan lain sebagainya. Perusahaan pembiayaan bisa mengetahui riwayat kredit nasabah dari proses BI Checking. Apabila Anda memilih perusahaan pembiayaan yang tidak melalui proses BI Checking maka kemungkinan pinjaman disetujui lebih besar.

Itulah hal-hal yang membuat pengajuan pinjaman dana jaminan BPKB mobil Anda ditolak. Jadi perhatikan hal-hal di atas sebelum mengajukan pinjaman kepada bank atau perusahaan keuangan. Selain itu, Anda bisa memilih perusahaan pembiayaan yang tidak melalui tahap BI Checking seperti BFI Finance.

Tanpa tahap BI Checking maka kemungkinan pinjaman yang Anda ajukan diterima bisa lebih besar. Bahkan pinjaman pasti disetujui jika seluruh persyaratan dan ketentuan telah Anda penuhi. Langsung saja ajukan pinjaman secara online di BFI Finance melalui website bfi.co.id.

Related Articles

Check Also

Close
Close