Bisnis

Perhiasan Nusantara yang Mengadopsi Perhiasan Tradisional

Perhiasan Nusantara yang Mengadopsi Perhiasan Tradisional

Sejak jaman dahulu kala, tradisi pernikahan selalu menggunakan perhiasan sebagai media untuk meminang pasangannya menuju jenjang hubungan yang lebih sakral dan mengikat (menikah), sekaligus sebagai simbol rasa cinta seorang laki-laki untuk kekasihnya. Berbagai bentuk perhiasan nusantara yang tersedia di kalangan masyarakat luas seperti giwang, kalung, cincin, maupun gelang.

Perpaduan antara berlian dan emas dalam desain yang mengandung banyak kisah tentang tradisi serta ikhtiar yang saling terhubung dengan kaum urban membuat perhiasan nusantara semakin istimewa. Tampilan siluet yang sangat mempesona tersebut didapatkan dari ukiran yang tersemat sangat presisi. Hal ini dipamerkan pada acara peluncuran Koleksi Perhiasan Nusantara yang diprakarsai oleh desainer senior Samuel Wattimena bersama dengan The Palace Jeweler di Jakarta pada hari kamis, tanggal 19 April 2019.

Seri Nusa Ladies Rings

Terdapat 3 seri perhiasan yang menurut pendapat Samuel sangat menarik perhatian kaum hawa setelah melihat kemolekan sekaligus kisah yang terkandung di dalamnya. Seri tersebut adalah Nusa, Anta dan Tara atau bila kita gabungkan ketiga penggalan seri tersebut akan menjadi kata Nusantara. Ketiga seri tersebut terinspirasi dari pending yang dalam budaya Jawa dan Sunda memiliki arti perhiasan yang dipakaikan di sekitar dada dan pinggang, kebanyakan mempunyai motif lubang-lubang serta dihiasi oleh desain karawang.

Hal tersebut didukung oleh cerita yang dilontarkan oleh Notty J Mahdi selaku Antropolog Universitas Indonesia, Beliau menuturkan bila pending ini awal mulanya hadir di Nusantara sebagai hadiah yang diberikan oleh negara Tiongkok pada abad ketujuh untuk Kerajaan Sriwijaya yang pada kala itu menjadi kerajaan yang paling disegani.
Kemudian siluet tersebut menjadi salah satu perwujudan dari warisan budaya yang turun temurun yang hingga sekarang diwujudkan dalam bentuk desain menyerupai potongan berlian yang banyak kita kenal dengan nama marquise yang banyak dikombinasikan dengan beragam ukiran presisi di dalamnya sehingga memunculkan kesan menarik dan anggun.

Sekian informasi yang dapat kami berikan tentang perhiasan nusantara. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda dan dapat bermanfaat. Terima kasih

Related Articles

Close