Bisnis

Metal Detector Adalah Alat Penunjang Keamanan Terbaik

Metal detector merupakan alat pendeteksi logam yang memiliki tingkat akurat yang tinggi, saat ini sangat banyak metal detector yang beredar dipasaran yang memiliki berbagai fungsi, dari pendeteksi logam untuk mencari logam atau emas untuk sekedar hobi hingga digunakan untuk menjadi penunjang keamanan seperti yang terdapat pada acara-acara penting hingga pintu masuk bandara. Fungsi Metal Detector Adalah sebagai alat keamanan untuk mendeteksi adanya senjata yang sebagian besar terbuat dari logam seperti senjata tajam hingga senjata api.

Dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas tuntas tentang berbagai metal detector yang difungsikan sebagai media pendeteksi logam yang akurat. Metal detector dalam keamanan ada 2 jenis, pertama handheld metal detector dari Minelab metal detector ini merupakan alat untuk memeriksa manual yang biasa dipegang security untuk memeriksa badan pengunjung, yang kedua Walkthrough metal detector alat ini biasanya diletakkan pada pintu masuk sebagai pendeteksi secara keseluruhan badan pengunjung, namun ada juga alat detector yang berfungsi untuk mencari barang-barang logam yang ada di suatu tempat yaitu Metal detector hunter.

Nah dari 3 bagian metal detector tersebut akan kami ulas secara detail bentuk dan fungsinya, berikut ulasannya:

Handheld Metal Detector

Metal detector ini memiliki bentuk seperti tongkat yang biasa dipegang oleh petugas keamanan, dimana jika ada pengunjung yang sangat mencurigakan metal detector jenis ini digunakan. Handheld metal detector memiliki luas deteksi yang sempit sehingga pengamanan menjadi lebih detail untuk menunjukkan tempat barang yang terdeteksi, missal senjata tajam, senjata api dan lain sebagainya.

Metal detector jenis ini biasanya dipakai untuk keamanan tingkat tinggi dan memiliki dua lapis keamanan yang berbeda, biasanya acara atau tempat dengan keamanan ini memiliki kesensitifan yang sangat tinggi seperti acara pertemuan kepala-kepala Negara atau acara-acara besar kenegaraan yang didatangi tamu khusus.

Metal Detector Adalah

Walkthrough Metal Detector

Metal detector jenis ini berfungsi mendeteksi logam secara lebih luas, bentuknya pun menyerupai gawang yang dimana jika ada material logam yang melewatinya detector akan mengaktifkan alarm untuk memberi tanda adanya logam yang terdeteksi, nah biasanya pengaturan gelombang detector hanya akan mendeteksi logam yang memiliki ukuran dan bobot tertentu untuk menghindari pendeteksi logam seperti perhiasan atau sekedar aksesoris yang dikenakan pengunjung.

Metal Detector Hunter

Nah yang terakhir ini Metal Detector Adalah metal detector yang memang dikhususkan untuk mencari logam yang ada di suatu tempat. Metal detector ini memiliki banyak fungsi dari manfaat kegunaannya, yaitu dari fungsi media pembelajaran hingga sekedar hobi. ada 3 pemanfaatan yang biasanya menggunakan detector ini, Antara lain:

–          Pembelajaran

Sebagai contoh dalam penemuan bangunan penting dan bersejarah, metal detector biasanya digunakan dalam hal ini, biasanya digunakan untuk mencari dan mendeteksi logam atau perhiasan yang ditinggalkan prasejarah, yang nantinya diulas dan dipelajari dalam penelitian.

–          Militer

Metal detector ini sangat membantu dalam dunia militer seperti upaya sterilisasi, dimana metal detector ini digunakan untuk mendeteksi di suatu tempat yang diduga terdapat banyak ranjau yang dapat membahayakan pasukan dan rakyat sipil. Metal detector digunakan untuk mendeteksi adanya bom ranjau yang selanjutnya di ledakkan untuk upaya pemusnahannya.

–          Hobi

Saat ini banyak orang yang gemar mencari logam di tempat tertentu, seperti logam peninggalan prasejarah hingga pencarian emas. Banyak diantara mereka yang akhirnya mengubah hobinya sebagai pencari atau pemburu logam peninggalan atau emas dengan metal detector.

Nah itu dia beberapa ulasan jenis metal detector, yang menjelaskan bahwa Metal Detector Adalah alat pendeteksi logam yang memiliki berbagai manfaat. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Related Articles

Close