Kesehatan

4 Kemampuan dan Perkembangan Bayi 3 Bulan, Anda Harus Tahu!

Kewajiban orang tua adalah memastikan Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik di setiap tahapan usianya. Salah satunya yaitu pada saat anak berusia 3 bulan atau 12 minggu. Perkembangan bayi 3 bulan sudah sangat terlihat. Baik dari segi motorik, komunikasi dan bahasa, serta sosial dan emosional. Berikut ini adalah kemampuan dan perkembangan bayi yang perlu Anda ketahui:

Kemampuan Motorik Kasar

Perkembangan motorik kasar Si Kecil tampak semakin pesat memasuki usia 3 bulan. Contohnya yaitu bayi bisa menggerakkan kaki dan tangan secara bersamaan. Tidak hanya itu saja, mereka juga mulai bisa berguling. Jadi Anda harus ekstra waspada dan hati-hati, jangan sampai Si Kecil terjatuh. Perkembangan kemampuan motorik kasar lainnya yaitu mengangkat kepala, mampu menopang kepala dan dada dengan baik, dan duduk tanpa bergetar.

Kemampuan Motorik Halus

Pada usia 3 bulan Si Kecil sudah mulai bisa menyatukan kedua tangan secara bersama-sama. Mereka suka dengan apapun yang warnanya cerah dan menonjol. Kontras warna yang bisa dibedakan dengan baik menjadi salah satu tanda bahwa kemampuan motorik halusnya berkembang.

perkembangan bayi 3 bulan

Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Di awal kelahirannya, cara bayi berkomunikasi adalah dengan menangis. Namun memasuki usia 3 bulan, bayi mulai memperlihatkan perkembangan komunikasi dan bahasa. Mereka mulai mengatakan sesuatu seperti “aah”, “uuh”, dan lain sebagainya. Selain itu, bayi usia 3 bulan juga sudah bisa tertawa serta memekik. Menangis bukan lagi satu-satunya cara Si Kecil untuk berkomunikasi dengan Anda.

Kemampuan Sosial dan Emosional

Kemampuan sosial ditandai dengan kemampuan mengenali wajah orang terdekat. Mereka bisa membedakan wajah ayah, ibu, dan orang terdekat lainnya dengan orang asing. Biasanya bayi juga sudah bisa merespon orang lain dengan senyuman.

Itulah kemampuan dan perkembangan bayi 3 bulan yang harus Anda ketahui. Selain memantau perkembangan Si Kecil, Anda juga harus memastikan mereka menggunakan popok yang aman dan nyaman untuk perkembangannya. Pilihan terbaik untuk Anda dan Si Kecil adalah MAKUKU SAP Diapers yang tipis, anti ruam, dan tidak mudah bocor. Tersedia tiga tipe yang bisa Anda lihat di website MAKUKU SAP Diapers yaitu www.makuku.co.id. 

Related Articles

Check Also

Close
Close