Bisnis

Mengenal 6 Jenis Safir Biru untuk Cincin Kawin Model Terbaru

Batu safir atau sapphire adalah satu dari empat batu paling berharga di dunia yang identik dengan warna biru. Tingkat kekerasan yang mencapai 9 Mohs menjadi salah satu daya tarik dari batu berjenis korundum ini. Kekerasannya hanya satu tingkat saja di bawah berlian yang menjadi batu permata paling populer untuk cincin kawin model terbaru. Namun jika menginginkan batu permata tak biasa, batu safir memang menjadi pilihan terbaik karena warnanya yang cantik. 

Anda mungkin menganggap jika cincin kawin batu safir hanya memiliki satu jenis saja. Padahal seperti batu permata lainnya, batu safir juga memiliki beragam jenis dan kualitas. Berikut ini adalah 6 jenis batu safir yang paling populer:

Safir Kashmir

Jenis batu safir biru pertama yang perlu Anda ketahui adalah safir Kashmir. Selain dikenal dengan nama tersebut, safir ini juga dikenal dengan nama Mayu Neelam. Asalnya dari pertambangan yang ada di India. Daya tarik utama dari safir Kashmir yaitu warnanya yang unik karena terlihat identik dengan leher merak. Kualitas dan keindahan yang tinggi membuat cincin dengan safir ini sangat mahal. Apalagi sekarang sudah dihentikan penambangannya, jadi safir Kashmir menjadi safir yang sangat langka dan mahal.

Safir Burma

Jika mencari cincin kawin model terbaru dengan batu safir satu tingkat di bawah safir Kashmir, safir Burma adalah jawabannya. Batu safir biru ini berasal dari tambang di Myanmar. Ciri khas warnanya adalah electric blue yang cantik. Warna tersebut hanya bisa Anda temukan di pertambangan Myanmar saja. Karena distribusi warna yang pas, cincin dengan safir Burma tampak elegan dan timeless.

cincin kawin model terbaru

Safir Rusia

Negara Rusia yang luas memang memiliki kekayaan alam berlimpah, termasuk batu permata safir. Batu safir yang berasal dari Rusia dikenal dengan nama safir Rusia atau Russian blue sapphire. Dibandingkan dengan dua batu safir sebelumnya, harga safir Rusia jauh lebih terjangkau. Namun kualitasnya juga masih kalah dengan dua safir terbaik di atas. 

Safir Australia

Safir Australia berasal dari New South Wales dan Queensland. Ciri khas warna safir Australia adalah gelap. Namun kualitas dari batu safir ini bisa dibilang sangat baik. Ada proses lanjutan berupa pemanasan yang dilakukan agar safir Australia menjadi warna yang lebih terang. Setelah itu baru disematkan pada cincin kawin model terbaru.

Safir Ceylon

Safir Ceylon merupakan batu safir yang berasal dari pertambangan di Sri Lankan. Ciri khasnya yaitu warna light to medium dengan penyebaran yang tidak merata. Meskipun penyebaran tidak merata, namun safir Ceylon tetap diminati dan diburu banyak orang. Batu safir Ceylon yang paling cocok untuk cincin kawin adalah batu yang warnanya cerah.

Safir Thailand

Jenis batu safir terakhir yang perlu Anda kenali adalah safir Thailand. Batu safir ini biasanya ditemukan di pertambangan wilayah Chanthaburi dan Kanchanaburi. Warnanya terang dan cerah sehingga cocok dipadukan dengan logam cincin. Cukup banyak cincin kawin mewah yang menggunakan safir Thailand ini.

Itulah 6 jenis batu safir untuk cincin kawin model terbaru yang dapat Anda pertimbangkan. The Palace juga menawarkan koleksi cincin batu safir untuk Anda jadikan sebagai cincin kawin. Ada cincin wanita dari Precious Stone dengan desain mewah kombinasi batu safir dan berlian. Lalu ada juga cincin pria dari Men’s Jewelry Collection yang juga dihiasi oleh batu biru cantik. Cincin pria di desain tebal sehingga terlihat maskulin dan misterius. Lihat koleksi Precious Stone dan Men’s Jewelry di website resmi The Palace yaitu www.thepalacejeweler.com

Related Articles

Close