Bisnis

Pengertian dan Manfaat SEM dari Digital Agency

SEM atau Search Engine Marketing merupakan salah satu layanan yang biasanya ditawarkan oleh agensi digital. Layanan ini termasuk layanan penting yang sering digunakan oleh klien digital agency. Alasannya karena SEM mampu mendatangkan trafik yang diinginkan dengan lebih mudah karena persaingan tidak seketat SEO. Jika menggunakan SEO, Anda membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil. Sementara SEM dianggap lebih cepat, bahkan bisa didapatkan dalam hitungan jam atau hari.

Lantas, apa sebenarnya strategi pemasaran SEM itu? Apakah benar-benar efektif untuk semua bisnis? Berikut pembahasan selengkapnya untuk Anda yang ingin menggunakannya:

Pengertian SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan strategi pemasaran berbayar yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas situs website di mesin pencarian. Anda pasti pernah melihat website yang berada di bagian paling atas bertuliskan “iklan” atau “ad”. Itulah yang dimaksud dengan SEM. Jika menggunakan SEM, maka situs website Anda akan tampilan di halaman awal paling atas. 

Media sosial yang paling sering digunakan untuk menerapkan SEM adalah Google. Pasalnya pengguna internet di dunia paling banyak menggunakan mesin pencarian tersebut. Meskipun ada beberapa mesin pencarian populer lain seperti Amazon, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya.

Ketika hanya menampilkan website di halaman awal saja biasanya belum ada biayanya. Namun saat ada aksi dari pengunjung, Anda baru akan membayar. Konsep tersebut lebih dikenal dengan istilah pay per click atau PPC. Jadi pengiklan baru akan melakukan pembayaran iklan apabila ada yang memberikan aksi berupa klik pada website yang diiklankan.

digital agency

Manfaat SEM untuk Bisnis

Penerapan SEM sangat bermanfaat untuk bisnis meskipun pengunjung yang didapatkan termasuk paid traffic. Adapun manfaat SEM yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan potensi conversion rate

Manfaat SEM yang pertama yaitu meningkatkan potensi conversion rate dari situs website Anda. Cara melakukannya dengan membidik keyword search intent pembelian. Jadi ketika calon pelanggan mencari dengan keyword tersebut di Google, maka website Anda akan muncul di halaman awal sebagai sebuah iklan.

  1. Memberikan hasil yang cepat

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa hasil yang didapatkan dari SEM jauh lebih cepat dari SEO. Bahkan terkadang SEO belum tentu berhasil apabila optimalisasi yang dilakukan kurang tepat. Jika menggunakan SEM, Anda bebas memperpanjang penayangan iklan sesuai budget.

  1. Efisien dari segi budget

Sebagian besar dari Anda mungkin ragu menerapkan SEM karena iklan ini adalah iklan berbayar. Artinya Anda harus mengeluarkan uang untuk tampil di halaman awal mesin pencarian, padahal SEO bisa dilakukan secara gratis.

Meskipun berbayar, namun SEM masih bisa dianggap efisien dari segi budget. Anda hanya akan membayar biaya iklan apabila ada aksi klik dari pengunjung. Harga dari iklan SEM juga tidak semahal iklan offline seperti billboard.

  1. Dapat menentukan target yang diinginkan

Efektivitas dan efisiensi pemasaran bisa didapatkan apabila Anda mampu menentukan target sendiri. Jadi hanya orang-orang yang berpotensi melakukan pembelian saja yang akan melihat iklan Anda. SEM memungkinkan Anda untuk menentukan target seperti usia, lokasi, gender, jadwal, dan lain sebagainya. Jadi pemasaran tidak akan sampai ke orang yang salah.

Itulah pembahasan mengenai SEM yaitu salah satu layanan yang ditawarkan oleh digital agency atau agensi digital. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa strategi SEM tetap membutuhkan analisis dan penerapan yang tepat. Oleh sebab itu, Anda wajib menggunakan bantuan ahli seperti jasa agensi digital. IDEOWORKS.ID adalah agensi digital yang bisa membantu Anda menjalankan semua kampanye pemasaran digital. Lihat lebih lengkap mengenai IDEOWORKS.ID di website www.ideoworks.id.

Related Articles

Close