Bisnis

Apa yang Dimaksud Emas Tua dan Emas Muda Pada Liontin Emas Kekinian?

Emas murni adalah logam mulia lunak yang dapat ditempa dengan mudah untuk dijadikan perhiasan, termasuk liontin emas. Agar perhiasan tidak lunak dan mudah rusak, emas murni harus dicampur dengan logam lain seperti perak, platinum, palladium, tembaga, dan lain sebagainya. Ketika Anda akan membeli liontin emas kekinian, Anda mungkin akan mengenal istilah emas muda dan emas tua. Istilah tersebut berhubungan dengan kadar emas di dalamnya. Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut ini:

Apa Itu Emas Tua?

Istilah emas tua dan emas muda hanya ada di Indonesia saja. Ketika membeli liontin di luar negeri, tidak akan ada yang mengenal kedua istilah ini. Emas tua sendiri merupakan perhiasan dengan kadar emas di atas 70% atau 17K. Namun beberapa orang menganggap bahwa mas tua adalah emas yang memiliki kemurnian di atas 42%. Istilah “tua” pada umumnya menunjukkan warna emas yang semakin pekat.

Liontin yang menggunakan emas tua seperti 18K adalah liontin favorit banyak orang. Berikut ini adalah kelebihan emas tua:

liontin emas kekinian
  1. Bagus untuk liontin

Emas tua terutama emas 18K atau emas 750 adalah jenis emas yang paling bagus untuk liontin. Emas tersebut memiliki kadar kemurnian 75%, sedangkan 25% adalah logam lain. Komposisi tersebut sudah pas untuk membuat liontin terlihat indah namun tetap kuat dan tahan lama.

  1. Bernilai tinggi

Semakin tinggi kadar emas pada liontin, maka harganya juga akan semakin mahal. Oleh sebab itu, emas tua termasuk emas yang bernilai tinggi. Paling cocok dipadukan dengan berlian yang indah dan bernilai tinggi.

  1. Tidak menyebabkan alergi

Kelebihan emas tua yang terakhir yaitu tidak menyebabkan alergi atau risiko alergi yang kecil. Hal tersebut lantaran persentase logam campuran yang digunakan sedikit. Jadi tidak menyebabkan alergi untuk yang menggunakannya.

Apa Itu Emas Muda?

Berbanding terbalik dengan emas tua, emas muda adalah jenis emas yang memiliki kadar kemurnian rendah. Emas 9K atau emas 375 merupakan emas muda. Kemurniannya hanya 37,5%, sementara 62,5% adalah logam lain seperti tembaga, perak, dan lain sebagainya. 

Namun emas muda memiliki beberapa kelemahan seperti bisa menyebabkan alergi karena kandungan logam lain yang banyak. Selain itu, masih jarang brand ternama yang menggunakan emas muda. Jadi Anda sulit mendapatkan liontin berkualitas. Mungkin Anda bisa mendapatkannya apabila melakukan pemesanan di brand yang diinginkan. Selain itu, emas muda juga memiliki kelebihan yaitu sebagai berikut:

  1. Harga terjangkau

Kelebihan yang pertama tentu saja dari segi harga. Emas muda dengan kemurnian di angka 37,5% memiliki harga yang terjangkau. Anda yang memiliki budget terbatas bisa memilih emas jenis ini. Saat ini model liontin dengan kadar 9K juga sudah banyak. Jadi jangan khawatir mengenai modelnya.

  1. Tahan gores dan benturan

Semakin banyak logam campurannya, maka kekuatannya juga akan semakin tinggi. Itulah alasan mengapa emas murni tidak bisa dijadikan sebagai bahan untuk liontin. Kekuatannya tersebut membuat liontin lebih tahan terhadap goresan ataupun benturan.

Itulah pembahasan mengenai emas tua dan emas muda yang mungkin akan Anda temukan ketika membeli liontin emas kekinian. The Palace adalah brand yang menawarkan liontin emas tua 18K. Liontin 18K adalah liontin terbaik karena indah dan kuat. Banyak pilihan model yang bisa disesuaikan selera. Ada juga liontin emas yang menggunakan berlian indah. Semua koleksi The Palace bisa Anda lihat di website www.thepalacejeweler.com

Related Articles

Close