Bisnis

Alasan Pentingnya Menerapkan Social Media Campaign

Membuat kampanye di media sosial atau yang lebih dikenal dengan istilah social media campaign adalah salah satu proses kegiatan pemasaran yang terarah dan tersusun untuk memperkuat informasi suatu produk yang menggunakan media sosial. Mengingat pengguna sosial media di semua elemen masyarakat Indonesia semakin banyak, maka kampanye media sosial saat ini maka menjadi salah satu strategi pemasaran wajib Anda pertimbangkan agar usaha atau yang sedang Anda jalankan dapat dikenal oleh khalayak luas.

Alasan Pentingnya Menjalankan Kampanye di Media Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, media sosial marak digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Kesempatan tersebut tentu bisa Anda manfaatkan untuk berkampanye atau mengenalkan produk dari usaha Anda melalui media sosial.

Media sosial memiliki banyak kelebihan dibanding media konvensional atau tradisional. Berikut ini beberapa alasan pentingnya menjalankan kampanye media sosial untuk usaha Anda. Diantaranya yaitu:

Social Media Campaign
  1. Mampu menjangkau lebih banyak konsumen

Tidak bisa dipungkiri, di era yang serba digital seperti sekarang ini banyak konsumen memilih untuk belanja secara online dibandingkan datang langsung ke pusat perbelanjaan atau toko. 

Pergeseran kebiasaan dan trend market ini membuat konsumen lebih sering membuka marketplace di toko online atau media sosial untuk menemukan barang yang mereka butuhkan. Oleh karena itulah sebaiknya Anda memanfaatkan hal tersebut dengan melakukan kampanye di media sosial.

  1. Strategi pemasaran paling efektif dan efisien

Pemasaran secara konvensional seringkali membutuhkan banyak biaya. Selain itu, pengeluaran biaya tersebut terkadang sulit terukur dan tidak dapat dipastikan tingkat kredibilitasnya apakah hasilnya mencapai target atau tidak.

Hal tersebutlah yang membuat banyak pengusaha lebih memilih menjalankan kampanye media sosial untuk pemasaran karena lebih efektif dan juga efisien. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah dibanding beriklan dengan media konvensional. Bahkan dengan kampanye di dunia sosial bisa mendapatkan feedback dalam waktu yang relatif singkat.

  1. Aktivitas pemasaran terukur dan terkontrol

Jika melakukan kampanye pada media konvensional, Anda belum tentu bisa mengukur tingkat keberhasilan dari strategi pemasaran yang dilakukan. Hal tersebut berbeda ketika Anda menjalankan kampanye melalui media sosial. 

Dengan melakukan kampanye pemasaran di media sosial, Anda bisa menganalisis setiap aktivitas yang telah diposting. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa tingkat impression, total engagements, sampai dengan followers yang didapatkan.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui sejauh mana efektivitas dari strategi pemasaran yang dijalankan.

  1. Target pasar yang tepat sasaran

Setiap bisnis tentunya memiliki segmen dan juga target pasar tersendiri. Melakukan kampanye media sosial, Anda akan lebih mudah dalam memilih segmentasi pasar dengan lebih detail. 

Contohnya, Anda bisa memilih memasarkan produk sesuai dengan jenis kelamin, usia, hobby, dan lain sebagainya. Dengan begitu, selain berguna bagi pengusaha, konsumen juga akan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

  1. Menjaga hubungan antara produsen dan konsumen

Salah satu aset yang berharga dalam berbisnis adalah loyalitas konsumen. Oleh karena itu, sebagai pengusaha Anda dituntut untuk cermat dan jeli menjaga loyalitas dari para konsumen.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan media sosial. Hal tersebut karena media sosial dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan juga kapan saja sehingga konsumen juga bisa lebih aktif dalam memberikan feedback terhadap kampanye yang dijalankan.

Itulah beberapa alasan pentingnya social media campaign untuk mendongkrak usaha Anda. Jika Anda ingin menerapkan strategi pemasaran tersebut, Anda bisa menggunakan jasa berbagai pemasaran digital yang di Ideoworks.id, termasuk kampanye di sosial media. Dengan diisi oleh tim ahli yang profesional Ideoworks.id dapat membantu Anda untuk mengenalkan usaha Anda pada masyarakat luas yang akhirnya dapat meningkatkan angka penjualan.

Related Articles

Close