Kesehatan

Cara Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan Anjing

Bagi sebagian orang memelihara hewan yang jinak merupakan sebuah hobi atau mungkin juga sebuah keharusan. Mengingat cukup banyak peristiwa yang mengindikasikan bahwa ada hubungan batin antara hewan dengan manusia sehingga antara keduanya bisa saling membantu dan saling menolong. Dari sekian banyaknya hewan peliharaan yang bisa anda pelihara, anjing merupakan salah satunya. Ya, anjing merupakan hewan peliharaan yang cukup disukai oleh manusia karena anjing merupakan hewan yang penurut dan paling setia kepada majikannya. Agar anjing yang anda pelihara tersebut bisa nurut dan setia, tentu saja anda harus memelihara dan merawatnya dengan setulus hati. Salah satu hal yang harus anda perhatikan dari anjing tersebut adalah mengenai masalah sistem pencernaan anjing yang rentan mengalami gangguan sehingga anjing anda tidak bisa melakukan berbagai kegiatan karena kesehatannya yang tidak prima. 

Sistem pencernaan anjing sama saja dengan manusia yaitu bisa mengalami gangguan kapan saja dan dimana saja, untuk itu sang pemilik harus mengetahui bagaimana cara mengatasi berbagai gangguan yang menyerang sistem pencernaan anjing tersebut. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan Ketika sistem pencernaan anjing mengalami gangguan.

sistem pencernaan anjing
  1. Hubungi dokter hewan. Mintalah saran dokter hewan jika anjing mengalami masalah pencernaan untuk pertama kalinya atau jika Anda mempunyai anak anjing yang masih kecil. Anjing yang berukuran kecil dan anak anjing mempunyai tubuh yang rentan, jadi diare yang ringan pun bisa cepat menyebabkan dehidrasi
  2. Obati sendiri masalah pencernaan yang ringan misalnya saja untuk mencegah dehidrasi yang bisa menyebabkan komplikasi yang serius, anjing harus terhidrasi dengan baik. Jangan memberikan makanan apapun selama 24 jam. Anda harus mengistirahatkan perutnya untuk memberikan sistem pencernaan anjing waktu untuk kembali pulih. Kalau sudah agak baikan, berikan jenis makanan yang bertekstur lembek.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan saat sistem pencernaan anjing anda terganggu. Pilihlah jenis makanan anjing yang banyak direkomendasikan oleh para dokter hewan saat ini. Anda bisa gunakan berbagai jenis makanan anjing dari Royal Canin yang notabene sangat recommended diberikan kepada hewan peliharaan anda khususnya anjing.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan saat sistem pencernaan anjing anda terganggu. 

Related Articles

Close