Kesehatan

Mengenal Tahapan Perkembangan Kognitif Anak

Kognitif adalah istilah yang mengacu pada proses pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan juga mengingat pada anak-anak. Perkembangan kognitif anak terjadi di setiap tahunnya. Perkembangannya pun tergolong cukup beragam sesuai dengan usia mereka.

Bagi Anda yang ingin tahu tahapan-tahapan perkembanganya, berikut ini akan kami jelaskan secara detail.

1.  Perkembangan Tahap Sensorimotor

Perkembangan pertama ini terjadi pada usia 18 hingga 24 bulan. Pada tahapan ini, si kecil akan mengalami perkembangan dalam hal pemahaman tentang dunia melalui pengalaman sensorik, baik itu dari apa yang mereka lihat, maupun yang mereka dengar.

Pada tahap ini, sui kecil sudah bisa memahami bahwa ada objek dan peristiwa yang terjadi di dunia. Namun si kecil masih belum bisa berpikir secara logis, atau menggunakan logika.

Perkembangan Kognitif

2.  Perkembangan Tahap Praoperasional

Tahap kedua, atau praoperasional ini terjadi di usia 2 hingga 7 tahun. Pada periode ini si kecil sudah bisa berpikir di tingkat simbolik. Namun si kecil masih belum bisa menggunakan operasi kognitifnya. Di tahapan ini si kecil juga masih belum bisa menggunakan logikanya.

Di tahapan ini si kecil akan mengalami perkembangan melalui adaptasi dan juga bekerja menuju tahap selanjutnya. Tujuannya agar si kecil bisa berpikir secara logis.

3.  Perkembangan Tahap Praoperasional Konkret

Tahap ketiga ini terjadi pada usia 7 hingga 11 tahun. Di usia ini si kecil sudah bisa berpikir secara logis, atau menggunakan logikanya. Di usia ini si kecil akan mengalami perkembangan pemikiran yang rasional dan juga terorganisir.

Si kecil juga sudah bisa menerapkan logika pada objek fisik. Selain itu, si kecil juga sudah bisa menunjukkan kemampuan konversi baik dari segi jumlah, volume, luas, dan juga orientasinya.

4.  Perkembangan Tahap Operasional Formal

Tahap keempat ini merupakan tahap terakhir pada perkembangan kognitif si kecil. Tahapan ini terjadi pada usia 12 tahun ke atas. Anak-anak di usia ini sudah memasuki tahap remaja yang memiliki kemampuan untuk berpikir abstrak. Si kecil juga sudah bisa memanipulasi ide yang ada di kepalanya.

Selain itu, anak yang sudah masuk ke dalam tahap remaja sudah bisa berpikir kreatif, melakukan perhitungan secara sistematis, dan kemampuan kognitif yang sudah semakin bagus.

Demikian penjelasan seputar perkembangan kognitif Anak yang harus Anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Related Articles

Check Also

Close
Close