Kesehatan

Ternyata Begini, Cara Mendidik Anak yang Benar

Anak merupakan suatu titipan yang harus dijaga, dirawat, dan dididik dengan dengan baik. Karena tidak menutup kemungkinan, anak akan menjadi tumpuan dan harapan bagi orang tua dimasa yang akan datang. Dengan demikian bersama grow happy club, berikut cara mendidik anak yang baik dan benar, agar ia bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.  

  • Menjadi pendengar yang baik bagi anak

Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak bisa dikatakan sangat penting sekali untuk kepribadiannya. Karena dengan rasa percaya diri yang tinggi, si kecil nantinya dapat bebas bereksperimen dan bereksplorasi tentang apa yang menjadi minat dan bakatnya. Untuk itu salah satu hal yang dapat mendukung timbulnya rasa percaya diri anak, sebagai orang tua grow happy club, anda bisa menjadi seorang pendengar yang baik bagi anak. Karena terkadang, akan ada masanya anak anda tidak percaya diri tentang apa yang ada pada dirinya, akibat ejekan atau olokan dari teman-teman sebayanya. Ajak anak anda bicara, dan dengarkan keluh kesahnya dan berikan solusi yang terbaik bagi anak anda tersebut, agar si kecil tidak merasa down

  • Jangan sering menakut-nakuti anak

Jalan pintas yang dianggap pantas oleh sebagian orang tua adalah dengan menakut-nakuti anak. Memang cara ini menjadi sangat jitu ketika anda ingin memberhentikan keinginan anak dengan segera, namun faktanya ternyata cara ini sangatlah salah dan keliru untuk kepribadiannya di masa yang akan datang. Anak yang sering ditakut-takuti, nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak mandiri, dan bahkan akan terhambat daya kreativitasnya. 

  • Jangan berkata-kata kasar

Anak adalah seorang peniru yang sangat baik. Dengan demikian ketika anda mendidik ia dengan kata-kata kasar dan bahkan dengan nada mengancam sambil teriak, bisa dibayangkan akan seperti apa ia tumbuh dewasa nantinya. Untuk itu sahabat grow happy club, Cobalah bersikap dan berkata lembut kepada si kecil, meskipun ia melakukan sebuah kesalahan. Beri ia pengertian dan alasan yang logis apabila si kecil melakukan kesalahan, agar ia menjadi pribadi yang lebih baik dimasa depan. 

Related Articles

Close