Kesehatan

Permainan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Stimulasi adalah salah satu cara merangsang kemampuan anak yang bisa dilakukan sejak dini, atau saat anak masih balita. Ada banyak stimulasi tumbuh kembang anak yang bisa Anda pilih untuk menstimulasi mereka, salah satunya adalah permainan.

Ada banyak jenis permainan seru untuk menstimulasi si kecil. Nah, di artikel ini kami akan coba jelaskan kepada Anda bagaimana cara menstimulasi tumbuh kembang si kecil.

1.      Permainan Puzzle

Puzzle merupakan permainan yang bisa mengasah kemampuan otak si kecil. Ada banyak jenis puzzle yang bisa Anda sesuaikan dengan usia anak. Pilih jenis puzzle dengan tingkat kesulitan yang pas dan ideal sesuai usia si kecil.

Puzzle ada yang berbentuk gambar ada juga yang berbentuk sebuah papan. Silahkan Anda pilih salah satu atau beberapa di antaranya sekaligus. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh cerdas dan juga sehat.

stimulasi tumbuh kembang anak

2.      Permainan Bola

Ada banyak jenis permainan bola yang bisa Anda mainkan bersama anak-anak di rumah maupun di halaman rumah. Adapun yang paling populer seperti bola basket untuk anak lengkap dengan tiang ring basketnya dan juga permainan bola sepak.

Pilih jenis permainan bola yang disukai oleh anak-anak. Pilih juga peralatan maupun bola yang bisa Anda mainkan di rumah bersama anak-anak. Dengan begitu, Anda bisa mengenalkan olahraga sejak dini tanpa perlu keluar rumah.

3.      Permainan Mencari Barang

Pilih spot atau area rumah Anda untuk menyembunyikan mainan si kecil. Kemudian, minta si kecil untuk menemukan mainan tersebut. Jika si kecil berhasil menemukannya, Anda bisa memberi mereka hadiah sederhana, seperti coklat, atau makanan lain kesukaannya.

Jangan lupa juga untuk memberikan clue sederhana terkait tempat di mana Anda menyimpan mainan tersebut. Permainan ini juga menjadi salah satu stimulasi yang sangat disukai dan juga bermanfaat untuk anak. Mereka akan berpikir dan juga beraksi. Gunakan beberapa clue untuk memudahkan mereka menemukannya dan merangsang pemikirannya.

Itulah beberapa permainan yang cocok untuk stimulasi tumbuh kembang anak. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi asupan nutrisi si kecil, salah satunya dengan memberi mereka produk susu Dancow setia.

Related Articles

Close