Kesehatan

Gizi Pendukung Perkembangan Janin

Hamil merupakan saat bahagia. Bukan hanya untuk bunda tetapi juga untuk orang di sekitarnya. Konsultasikan mengenai perkembangan kandungan Bunda ke Bidan Sela, bidan sela, agar selalu terpantau dengan baik. Berikan perawatan terbaik Bunda kepada si buah hati, bahkan semenjak dari kandungan.

Saat dalam kandungan merupakan saat cepat perkembangan janin untuk itu dibutuhkan bahan baku pembentukan organ tubuh. Bahan baku yang didapat dari zat gizi. Kekurangan zat gizi bisa membuat pertumbuhan janin tidak sempurna. Bunda harus mengetahui zat gizi apa  saja yang dibutuhkan janin untuk perkembangannya.

  1. Zat Besi

Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin, yang bertugas membawa oksigen keseluruhan tubuh bunda dan janin. Adanya kehamilan berarti meningkatkan kebutuhan pembentukan hemoglobin. Sehingga kebutuhan zat besi menjadi meningkat.

perkembangan janin
                                                                                 perkembangan janin

Zat besi bisa didapatkan dari daging merah tanpa lemak, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelahiran prematur. Dalam tubuh penyerapan zat besi membutuhkan bantuan vitamin C. Maka sebaiknya bunda juga mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

  1. Asam folat

Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel saraf. Oleh karena itu asupan asam folat yang kurang bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan saraf. Bunda bisa mendapatkan zat gizi ini dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan buah-buahan berwarna, seperti tomat, stroberi, dan lainnya. Asam folat juga tersedia dalam bentuk suplemen, kamu bisa berkonsultasi pada Bidan Sela bagaimana cara mendapatkannya, atau pada bidan terdekat.

  1. Protein

Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, termasuk sel otak. Kekurangan zat gizi ini, bisa berakibat pertumbuhan organ tubuh mengalami kecacatan. Protein bisa didapatkan dari bahan makanan seperti, daging sapi, ayam, ikan, telur, susu dan kacang-kacangan.

  1. Karbohidrat

Tubuh membutuhkan energi untuk metabolisme selnya. Energi itu didapat dari karbohidrat. Kekurangan energi akan membuat metabolisme sel tidak berjalan maksimal, sehingga dapat terjadi gangguan pertumbuhan. Sumber karbohidrat dalam makan terdapat pada nasi, roti dan kentang.

  1. Lemak

Asam lemak tak jenuh yang mengandung omega tiga, DHA dan EPA, sangat berperan dalam perkembangan otak janin. Bunda harus mendapatkan suplai yang cukup agar perkembangan otak janin maksimal. Lemak bisa didapatkan dari ikan salmon, sarden, udang, daging, telur susu dan kacang-kacangan.

Memastikan nutrisi yang dibutuhkan cukup, merupakan upaya bunda membantu perkembangan optimal janin. Berbagai zat makan yang ada disekitar kita bisa menjadi pilihan.

Related Articles

Check Also

Close
Close