Asuransi

Istilah Istilah Klaim Asuransi Mobil

Istilah Istilah Klaim Asuransi Mobil

Saat anda memutuskan untuk mengikuti asuransi kendaraan/mobil, pastikan anda mengetahui beberapa istilah asuransi. Hal ini agar proses pemilihan asuransi hingga klaim asuransi mobil tidak membingungkan.

Klaim Asuransi Mobil

1. Jenis Asuransi.

Saat anda mulai mengikuti asuransi untuk perlindungan mobil anda, sangat penting untuk memahami apa itu jenis asuransi. Jenis asuransi adalah berbagai produk yang ditawarkan pihak asuransi yang bisa anda ikuti. Nah, biasanya terdapat 2 jenis asuransi mobil; total kerugian dan sebagian kerugian. Total kerugian dan sebagian kerugian tersebut mengikuti jumlah kerugian yang akan dibayarkan pihak asuransi saat anda mengalami kecelakaan, kehilangan atau beberapa hal yang ada dalam perjanjian. Nah, saat anda memilih untuk menggunakan asuransi, pastikan anda untuk memilih satu diantara dua jenis asuransi tersebut.

2. Polis Asuransi.

Sederhananya, polis asuransi merupakan ketentuan kerugian yang disepakati antara pihak perusahaan asuran dengan anda selaku pengikut asuransi. Ketentuan kerugian atau polis asuransi ini biasanya mengikuti jenis asuransi yang anda ikuti. Saat anda mengikuti asuransi jenis total loss, tentunya akan berbeda ketentuan kerugian atau polis asuransinya apabila anda mengikuti partial loss. Ketentuan ini sangat penting untuk dipahami agar tidak salah kaprah saat adanya proses penggantian.

3. Klaim Asuransi.

Saat anda atau mobil anda mengalami kerugian karena kecelakaan, kehilangan dan berbagai hal yang telah diatur dalam polis asuransi, maka anda berhak melakukan klaim. Nah, sederhananya klaim asuransi bisa diartikan sebagai penggantian atas kerugian. Biasanya terdapat 5 tahap dalam proses klaim asuransi ini, yaitu: pelaporan kerugian, pengumpulan dokumen yang diperlukan, survey dan analisa, penilaian atas hasil survey dan analisa serta penggantian.

4. Premi.

Saat anda mengikuti asuransi, anda diharuskan untuk membayar iuran bulanan. Besaran iuran bulanan tersebut berdasarkan jenis asuransi yang anda ikuti. Iuran bulanan yang mengikuti jenis asuransi total loss akan berbeda dengan iuran bulan yang mengikuti partial loss. Iuran bulanan inilah yang dinamakan premi asuransi.

Dengan mengetahui 4 istilah asuransi diatas, proses pemilihan asuransi hingga klaim asuransi mobil pun tidak akan membingungkan.

Related Articles

Check Also

Close
Close