Kesehatan

Menghitung  Usia Kehamilan Dengan Cepat Pakai Metode HPHT

Momen yang tidak bisa di tawar yaitu momen yang biasa di tunggu tunggu oleh ibu hamil, tentunya seorang ibu yang baru merasakan kehamilannya menginginkan janin yang terdapat pada perutnya terus tumbuh dengan sempurna. Bagi anda yang baru pertama kali hamil tentu belum tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan. Ada salah satu metode yang bisa di gunakan untuk ibu yang baru hamil kita bisa mempraktekan metode HPHP atau Hari Pertama Haid Terakhir.

Menghitung usia kandungan secara tradisional memang sering di lakukan  ibu jaman dulu,  belum mengenal peralatan teknologi saat ini yang biasa di lakukan untuk mengecek kehamilan jaman sekarang.  Contoh dari metode HPHT  jika sekarang tanggal 21 Maret 2017 dan HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir Anda 21 Februari 2017, maka usia kehamilan Anda saat ini yaitu 4 Minggu 1 bulan. Anda juga bisa menghitung perkiraan hari kelahiran,bagi yang memiliki siklusnya 28 hari bisa menggunakan rumus yang dinamakan Naegele. bagi yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, yitu sebagai berikut:

  • Apabila Hari Perkiraan Lahir atau HPL = Tanggal hari pertama haid terakhir + 7, Bulan – 3, Tahun + 1.
  • Jika Bulan tidak bisa dikurangi dengan 3, maka bulan bisa ditambahkan 9 dan tida kada penambahan untuk tahun.
  • Jika Anda memiliki siklus menstruasi selain 28 hari, maka perhitungannya menjadi: HPL = HPHT + 9 Bulan + (lama siklus haid – 21 hari). Maka dapat disimpulkan bahwa usia kehamilan normal Anda sampai lahiran adalah 280 hari sejak HPHT. menghitung usia kehamilan

Dengan menggunakan metode tersebut kita jadi tahu bahwa perhitungan jaman dulu bisa lebih akurat dari peralatan canggih saat ini. Tentunya  anda sekarang sudah mengetahui cara menghitung usia kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close