Kesehatan

Cara Untuk Menghitung Usia Kehamilan

Orang tua mana yang tidak menginginkan kehamilan, kehamilan merupakan hal yang indah dan akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang mendapatkan kabar gembira ini. Tapi selepas mengetahui kehamilan terkadang seseorang kebingungan untuk menghitung usia kehamilan selanjutnya. Untuk itu kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk Menghitung Usia Kehamilan :

  • Kalkulator Masa Subur

Kalkulator yang di desain khusus untuk menghitung usia kehamilan ini mudah untuk digunakan, Caranya begitu mudah sekali, tinggal mengklik area lingkaran yang ada lalu gerakkan mouse untuk memutar lingkaran sesuai dengan kondisi masa mengandung ibu hamil. Sehingga bisa diperkirakan kondisi janin serta menghitung tanggal lahir bayi. Yang perlu diingat, fasilitas jam kalkulator ini hanya memberikan gambaran umum dalam perhitungan standar dalam menentukan usia kehamilan seseorang.

  • Mendeteksi gerakan janin

JIka Anda merasakan gerakan janin dalam perut maka Anda dipastikan sudah ada dalam usia 18 sampai 20 minggu. Hal ini berlaku bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Sementara pada kehamilan selanjutnya, biasanya janin mulai bergerak saat usia kehamilan memasuki minggu ke 16 sampai 18.

  • Metode ultrasonografi (USG)

Cara ini paling mudah juga yang terpopuler dipakai oleh dokter, akurasinya bahkan mencapai angka 95%. Selain itu alat USG ini juga dapat menampilkan gambar 3 Dimensi yang melihatkan perkembangan janin dalam tubuh seorang ibu.

  • Sistem Fundus Uteri atau puncak rahim

sistem penghitungan ini dimulai dari tulang kemaluan sang ibu. Apabila jarak antara tulang kemaluan dan puncak rahim berkisar 28 cm berarti usia janin sudah sampai pada angka 28 minggu. Sedangkan jika mencapai angka 36 cm maka usia janin sudah 36 minggu. Biasanya tenaga medis akan meletakkan dua jarinya di antara tulang kemaluan dan perut Anda. Apabila jarak antara tulang kemaluan dan puncak rahim masih ada di bawah pusar, dengan demikian setiap dua jari mewakili usia 2 minggu.

Nah itulah beberapa cara untuk Menghitung Usia Kehamilan yang mungkin bisa Anda coba di rumah.

Related Articles

Close