Ibu & Anak

Cara Mendidik Anak Balita

Pendidikan merupakan kebutuhan serta hak setiap anak. Dengan pendidikan yang tepat serta sesuai dengan usia mereka. Seorang anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas serta peka terhadap lingkungan sekitarnya. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab kita memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan sejak dini mungkin khususnya ketika anak kita berusia lima tahun ke bawah atau balita.

Pada usia tersebut seorang anak mulai mengenal lingkungan sekitarnya serta mulai meniru apa saja hal baru yang mereka temukan tahap perkembangan anak pada usia ini sangat bergantung pada apa yang mereka rasa, yang mereka dengar serta apa yang mereka lihat. Agar anak kita terarahkan hingga menjadi seorang anak yang cerdas serta tumbuh sebagaimana mestinya anak normal lainnya kita harus senantiasa mendampingi perkembangan mereka serta terus memberikan penjelasan serta pengarahan hal apa saja yang boleh dilakukan serta yang tidak boleh dilakukan.

Akan tetapi tahap perkembangan anak balita memerlukan perlakuan yang lebih khusus ketimbang seorang anak yang akan tumbuh dewasa. Anak balita cenderung lebih peka terhadap sekeliling mereka serta memiliki sikap egoistic yang cukup tinggi dengan begitu kita harus memilki strategi khusus ketika mendidik anak balita. Diantaranya adalah dengan mengenalkan kebiasaan yang baik kepada mereka sedini mungkin, ajarkan mereka agar selalu jujur serta menghargai orang lain yang ada di sekitarnya.

Selain itu dalam tahap perkembangan anak balita kita juga bisa mulai menerapkan nilai-nilai keagamaan serta membiasakan mereka untuk beribadah. Dengan semua itu maka buah hati kita akan terbiasa melakukan berbagai macam hal yang positif serta membentuk mereka agar menjadi seorang anak yang patuh dan disiplin. Selain dengan memberikan pendidikan sedini mungkin kita juga harus memberikan asupan gizi yang cukup yang bisa menunjang tumbuh kembang mereka. Salah satunya dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi mencakup 4 sehat 5 sempurna. apabila perlu kita juga bisa memberikan berbagai macam makanan tambahan sebagai pelengkap gizi mereka.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close