masakanTipsUmum

Membuat Pepes Ayam Spesial, Simple dan Mudah

Kekayaan makanan khas nusantara memang tidak ada habisnya. Setelah banyak menu masakan Indonesia yang di olah dengan cara digoreng dan di bakar, ternyata ditengah kita juga ada olahan makanan yang dibuat dengan cara di kukus atau di rebus. Makanan tersebut biasanya punya cita rasa khas yang lebih menggoda selera sehingga cita rasanya tak terlupakan. Olahan makanan tersebut biasa di sebut dengan pepes. Pepes merupakan sajian makanan khas Indonesia yang punya ciri khas tak terlupakan. Biasanya pepes dibuat dengan menggunakan bahan baku daging, tahu, dan lain-lain. Mari kita sedikit belajar membuat makanan pepes ayam dengan cara yang lebih mudah dan simpel.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu masakan Indonesia pepes ayam spesial yang harus anda siapkan berikut ini diantaranya ialah daging ayam 2 potong (paha, atau bagian ayam lainnya sesuai selera), 20 cabai merah kriting dan cabai gila, 10 siung bawang merah, 7 siung bawang putih, 1 daun sereh, 2 daun salam, 1 ruas jahe,  1 ruas kunyit, 2 ruas lengkuas, 5 bh kemiri, 1 sdt garam, dan sejumput gula pasir.  Untuk membuat cita rasa semakin sempurna anda bisa membungkus pepes dengan menggunakan selembar daun pisang yang harus anda persiapkan terelebih dahulu.

Setelah menyiapkan bahan-bahan diatas. Langkah-langkah pembuatan menu masakan Indonesia yang satu ini adalah sebagai berikut.  Pertama, haluskan semua bahan bumbu yang disebutkan diatas semuanya dalam satu racikan kecuali daun salam. Kedua, potong-potong ayam sesuai dengan selera anda lebih kecil biasanya rasa akan semakin lebih enak karena bumbu akan mudah meresap. Ketiga, Siapkan panci masukkan ayam dan bumbu tambahkan sedikit air Masak sampai matang kayak ngungkep ayam sampai airnya habis. Keempat, Setelah matang bagi potongan ayam tersebut menjadi 2 bungkus, dan bungkus menggunakan daun pisang yang telah anda siapkan tadi jangan sampai lupa masukkan daun salam. Kelima, Bakar sampai daunnya layu bahkan gosong daunnya sehingga akan tercium bau yang sangat sedap. Jangan lupa bakar dengan cara di bolak-balik supaya rasanya merata.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close