Kesehatan

Sumber Alami Asam Folat Untuk Ibu Hamil Berupa Sajian Makanan Sehat 

Ketika hamil, makanan yang dikonsumsi sejatinya akan langsung berdampak pada perkembangan janin Anda. Dan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi saat sedang hamil ini adalah asam folat untuk ibu hamil

Asam folat adalah vitamin B yang sangat besar peranannya dalam mendukung pertumbuhan sel serta perkembangan sistem saraf.

Penting untuk memahami sumber alami asam folat ini, agar bisa mendukung kesehatan ibu hamil dan juga mendukung perkembangan janin yang lebih optimal. 

Sumber Alami Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa sumber asam folat untuk ibu hamil untuk mendukung program kehamilan yang sukses dan juga sehat. 

  • Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran yang memiliki daun berwarna hijau seperti kangkung, bayam, brokoli dan kale adalah sumber utama asam folat yang alami. 

Ibu hamil bisa mengkonsumsi sayuran berdaun hijau ini dalam berbagai bentuk sajian, seperti sup, salad, atau dimasak secara ditumis. 

  • Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Sumber alami asam folat yang baik bagi ibu hamil juga bisa didapatkan dari berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hitam dan juga kacang polong. 

Begitu juga bisa didapatkan dari aneka biji-bijian seperti biji labu dan biji bunga matahari yang dapat mudah ditemukan di pasar. 

  • Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang selain sangat sehat juga nyatanya mengandung asam folat yang tinggi. 

Selain itu alpukat ini juga mengandung serat dan lemak, yang sangat baik untuk mendukung kesehatan ibu hamil. 

  • Pisang

Selain alpukat, buah yang mengandung asam folat tinggi juga terdapat dalam pisang. Terkandung potasium juga di dalamnya, yang dapat membantu menjaga tekanan darah yang normal dalam tubuh ibu hamil. 

  • Jeruk dan Jeruk Balian

Buah jeruk dan jeruk balian juga mengandung asam folat yang tinggi. Mereka juga diperkaya dengan vitamin C, yang sangat penting untuk membantu penyerapan asam folat dalam tubuh. 

Dengan mengintegrasikan sumber makanan asam folat untuk ibu hamil ini kedalam menu makanan sehari-hari, Anda dapat menjalani kehamilan yang sehat dan sukses. 

Untuk lebih memastikan, sahabat MAKUKU bisa berkonsultasi langsung dengan professional kesehatan terdekat. 

Related Articles

Close