Bisnis

Mengenal Tipe Pengemulsi Alami dan Buatan

Bagi beberapa dari Anda, istilah pengemulsi atau emulsifier mungkin masih cukup asing. Sederhananya emulsifier adalah zat yang digunakan untuk mencampurkan dua bahan yang biasanya tidak bisa tercampur secara alami. Contohnya yaitu minyak dan air tidak bisa bercampur. Dibutuhkan emulsifier untuk mencampurkannya.

Biasanya emulsifier digunakan di bidang makanan dan cemilan. Tambahan emulsifier membuat tekstur makanan lebih lembut dan rasanya pun lebih lezat. Secara umum, ada dua tipe emulsifier di pasaran yaitu emulsifier alami dan buatan. Berikut ini penjelasan masing-masing tipenya:

Emulsifier Alami

Sesuai namanya, tipe pengemulsi atau emulsifier yang pertama yaitu emulsifier alami yang berasal dari sumber-sumber alami. Salah satu jenis emulsifier yang paling populer adalah telur. Di dalam telur, terdapat kandungan zat yang disebut lesitin.

Kebanyakan lesitin berada di bagian kuning telur, sementara putih telurnya hanya sedikit saja. Kelebihan emulsifier alami yaitu lebih aman karena menggunakan bahan-bahan alami dari alam. Selain itu, stabilitas dan tekstur yang diberikan sangat baik sehingga produk makanan lebih lembut dan meleleh saat dimakan.

Emulsifier Buatan

Selain emulsifier alami, ada juga emulsifier buatan. Beberapa orang juga memakainya untuk tambahan bahan ketika membuat roti atau kue. Sesuai namanya, emulsifier buatan termasuk zat sintetis yang dibuat di laboratorium. Pembuatannya digunakan untuk kebutuhan industri, terutama makanan.

Biasanya emulsifier buatan mengandung zat monogliserida seperti gliseril monostearat. Salah satu contohnya yaitu spans yang bisa membentuk emulsi air dalam minyak. Kegunaan zat spans pada pembuatan kue atau roti yaitu membuat kue lebih bertekstur dan terlihat bervolume. Selain spans yang termasuk ester asam lemak sorbitan, ada juga ester polietilena sorbitan yaitu tween. Manfaat tween yaitu mencegah kue menjadi kering, jadi kue tetap lembut dan lunak. 

Nah sudah mengerti mengenai pengemulsi atau emulsifier? Cemilan kesukaan anak-anak seperti Kinder Joy juga memakai emulsifier. Tipe emulsifier yang dipakai adalah emulsifier alami berupa lesitin dari bahan kacang kedelai dan biji bunga matahari. 

Tambahan lesitin pada Kinder Joy membuat krim susu dan cokelat di dalamnya meleleh di mulut. Itu menjadi salah satu alasan kenapa cemilan ini begitu lezat. Apalagi ada mainan kejutan di dalam kemasan. Anak pasti akan sangat suka jika membelinya.

Related Articles

Close