Bisnis

5 Macam Digital Strategy Marketing yang Perlu Anda Coba

Menjalankan pemasaran digital membutuhkan strategi yang tepat agar hasilnya sesuai keinginan. Secara sederhana, digital strategy marketing merupakan serangkaian strategi atau rencana untuk memasarkan bisnis secara efektif melalui internet. Ada cukup banyak strategy marketing yang bisa Anda terapkan. Pemilihan strategi ini harus diperhatikan untuk memberikan hasil memuaskan.

Inilah Macam-Macam Digital Strategy Marketing

Dari banyaknya strategy marketing yang populer di tengah masyarakat, berikut ini lima macam strategi yang patut untuk dipertimbangkan:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu strategi pemasaran yang paling populer di kalangan digital marketer adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri merupakan metode pemasaran untuk menempatkan website atau blog di posisi pertama mesin pencari. Mesin pencari yang paling banyak dipilih adalah Google.

Teknik SEO membutuhkan riset mendalam dan pembuatan konten SEO friendly agar hasilnya efektif. Agar hasil maksimal, ada beberapa hal yang diterapkan seperti penggunaan kata kunci khusus, memasukkan backlink, membuat link, memakai tools bantuan, dan lain sebagainya.

  1. Pay-Per-Click Advertising

Pay-Per-Click Advertising atau iklan PPC merupakan strategi pemasaran digital yang paling populer akhir-akhir ini. Pasalnya dengan iklan PPC, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan efektif mencapai target.

PPC sendiri merupakan jenis iklan berbayar. Namun Anda hanya perlu membayar jika ada orang yang melakukan klik. Jika tidak ada aksi klik, maka Anda tidak perlu membayar. Layanan iklan PPC yang paling populer adalah Google Ads.

Ketika membuka Google dan memasukkan kata kunci tertentu, Anda pasti pernah melihat website dengan tulisan “iklan” atau “Ad”. Itulah contoh penerapan PPC advertising untuk sebuah bisnis. Meskipun tampak simple, namun membutuhkan strategi yang tepat agar budget tidak sia-sia.

digital strategy marketing
  1. Social Media Marketing

Siapa sih yang tidak mengenal media sosial. Platform-platform media sosial kini dibanjiri oleh banyak pengguna. Bahkan di Indonesia, sebagian besar pengguna internet menghabiskan waktunya di media sosial. Itulah sebabnya media sosial menjadi platform terbaik untuk pemasaran digital.

Pemasaran digital melalui media sosial umumnya dengan pembuatan konten. Namun ada juga yang menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Instagram Ads. Konsepnya sama dengan PPC advertising.

  1. Content Marketing

Sebenarnya hampir semua strategi pemasaran digital melibatkan penggunaan konten. Contohnya yaitu SEO yang membutuhkan konten artikel. Selain itu, social media marketing juga membutuhkan konten gambar, infografik, atau video. 

Karena konten sangat penting dalam pemasaran digital, pembuatannya tidak boleh sembarangan. Konten harus dibuat dengan baik sesuai platform yang digunakan. Agensi memiliki kemampuan untuk membuat konten pemasaran yang bagus.

  1. Email Marketing

Jenis strategi pemasaran digital terakhir yang harus Anda coba adalah email marketing. Sesuai namanya, email marketing memanfaatkan email untuk mempromosikan produk atau brand. Ada dua macam email marketing yang perlu Anda pahami. 

Pertama adalah email promosi untuk mengkampanyekan sesuatu seperti diskon, penawaran khusus, dan lain-lain. Selain itu, ada juga email informasi yang berisi informasi penting seperti tips, trik, informasi terkini, dan lain-lain. 

Itulah 5 macam digital strategy marketing yang bisa Anda coba terapkan. Agar lebih mudah menjalankan strategi pemasaran digital, Anda bisa mencoba meminta bantuan agensi digital. Diginet atau Digital Internet merupakan agensi yang paling direkomendasikan untuk Anda. 

Produk dan layanannya lengkap sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi secara gratis seputar strategi pemasaran yang efektif melalui platform online. Informasi lengkap dan jelas tentang Diginet bisa Anda lihat di website resminya.

Related Articles

Close