Bisnis

5 Manfaat Fish Oil Omega 3 untuk Anak-Anak

Fish oil atau minyak ikan memiliki kandungan omega 3 yaitu asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi tubuh. Oleh sebab itu, anak-anak dianjurkan mengkonsumsi suplemen fish oil omega 3 untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Berbagai macam manfaat omega 3 di dalam minyak ikan membantu tumbuh kembang yang optimal. Langsung saja, berikut ini adalah berbagai manfaatnya:

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sering mendengar orang tua memberikan minyak ikan agar anaknya pintar? Sebenarnya hal tersebut tidak salah karena minyak ikan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Mulai dari kemampuan atensi atau fokus, kemampuan konsentrasi, dan lain sebagainya. Berdasarkan penelitian, anak dengan kecukupan omega 3 lebih cepat lancar membaca.

Menjaga Kesehatan Jantung

Omega 3 memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah. Pembekuan darah pada anak yang sering terjadi bisa diminimalisir dengan konsumsi minyak ikan. Selain itu, minyak ikan juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata sangat penting agar anak-anak memiliki penglihatan yang bagus. Konsentrasi omega 3 terutama DHA di retina terbilang tinggi. Berdasarkan penelitian, kekurangan omega 3 menyebabkan gangguan penglihatan yang bisa berlanjut sampai dewasa. 

fish oil omega 3

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk anak-anak. Salah satu cara meningkatkannya yaitu dengan memberikan asupan omega 3 yang cukup. Asam lemak omega 3 berperan dalam merombak membran sel dalam sel-T. Jadi sel-sel kekebalan bisa lebih kuat jika asupan omega 3 yang didapatkan mencukupi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat minyak ikan omega 3 untuk anak-anak yang terakhir yaitu bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Penelitian menunjukkan jika omega 3 yang rendah berkaitan dengan gangguan tidur anak. Padahal kurang tidur memiliki beberapa risiko seperti depresi dan obesitas. Oleh sebab itu, asupan omega 3 harus dipenuhi dengan makanan dan suplemen minyak ikan. 

Itulah 5 manfaat jika memberikan suplemen fish oil omega 3 secara rutin. Rekomendasi suplemen yang mengandung omega 3 tinggi dari Blackmores adalah Koalakids Study Buddy. Selain omega 3, suplemen tersebut juga mengandung vitamin E. Rasanya yang lezat dan manis cocok untuk anak mulai dari usia 1 sampai dengan 12 tahun.

Related Articles

Close