pendidikan

Kuliah Jurusan Pariwisata di Universitas Indonesia

Pencinta travelling pasti mempertimbangkan Jurusan Pariwisata ketika akan memilih jurusan kuliah. Pasalnya memilih jurusan sesuai hobi dan passion pastinya akan sangat menyenangkan. Kuliah Jurusan Pariwisata bagi yang hobi travelling juga akan lebih terasa mudah dijalankan. Salah satu kampus di Indonesia yang menawarkan Jurusan Pariwisata adalah Universitas Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai jurusan ini:

Deskripsi Program Studi

Jurusan Pariwisata adalah salah satu jurusan yang ada di Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia. Program pendidikan ini berada di jenjang D3 sehingga waktu tempuh pendidikannya kurang lebih selama 3 tahun atau 6 semester. Setelah lulus pendidikan, mahasiswa akan menjadi Ahli Madya Pariwisata (Amd.Par) yang kompeten untuk mengelola berbagai jenis hal yang berhubungan dengan wisata.

Kompetensi Lulusan

Berikut ini adalah kompetensi lulusan yang dihasilkan:

kuliah jurusan pariwisata
  1. Mengoperasikan usaha jasa perjalanan wisata

Usaha jasa perjalanan wisata atau yang dikenal dengan tour and travel membutuhkan lulusan Jurusan Pariwisata untuk mengoperasikan usaha. Lulusan yang kompeten mampu membuat usaha berjalan lancar.

  1. Menerapkan konsep manajemen pada kegiatan usaha pariwisata

Mahasiswa Jurusan Pariwisata akan belajar mengenai konsep manajemen pada kegiatan usaha pariwisata. Jadi kegiatan usaha berjalan dengan baik.

  1. Menerapkan konsep pelayanan pada kegiatan usaha pariwisata

Kegiatan usaha pariwisata pada umumnya adalah kegiatan yang berhubungan dengan jasa. Oleh sebab itu, usaha harus menerapkan konsep pelayanan yang tepat.

  1. Menerapkan etika profesi

Semua profesi memiliki etika masing-masing, termasuk bidang pariwisata. Lulusan Jurusan Pariwisata harus mampu menerapkan etika profesi dalam setiap pekerjaannya.

  1. Menerapkan teknologi informasi dalam kepariwisataan

Teknologi informasi merupakan bagian dari perkembangan zaman. Bidang kepariwisataan juga harus menerapkan hal tersebut. Lulusan Jurusan Pariwisata memiliki kompetensi untuk menerapkannya sehingga memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. 

Bidang Pekerjaan Lulusan

Ahli Madya Pariwisata bisa mendapatkan beberapa bidang pekerjaan seperti:

  1. Bidang Airlines

Lulusan Jurusan Pariwisata bisa bekerja di bidang penerbangan atau airlines. Beberapa contohnya yaitu Singapore, Cathay, Malaysia, serta Garuda Indonesia.

  1. Bidang Tour & Travel

Sebagian besar lulusan Jurusan Pariwisata mencari pekerjaan di bidang tour and travel. Pasalnya kompetensi yang dimiliki sangat cocok dengan bidang ini. Selain bekerja di perusahaan tour and travel, Anda juga bisa mendirikan usaha tour and travel sendiri.

  1. Instansi Pemerintahan

Lulusan Jurusan Pariwisata juga bisa bekerja di bidang instansi pemerintahan. Jadi Anda yang ingin bekerja menjadi pegawai negeri masih tetap bisa mendapatkannya. Contohnya yaitu Kementerian Pariwisata dan Dinas-Dinas Pariwisata.

  1. Bidang minat khusus

Ada beberapa bidang minat khusus yang juga bisa dimasuki oleh lulusan Jurusan Pariwisata. Contohnya yaitu Lembaga Oseanologi Nasional (LON), Taman Nasional, Konservasi Indonesia, dan lain-lain. 

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan Jurusan Pariwisata berbeda dengan S1 Reguler yang menggunakan sistem berkeadilan atau BPO-B. Pada Jurusan Pariwisata, biaya pendidikannya tetap yaitu BOP Rp10.000.000,00 per semester. Sedangkan Uang Pangkal atau UP sebesar Rp11.500.000,00 yang dibayarkan sekali.

Mitra Industri

Proses perkuliahan di program vokasi terdiri dari 70% Praktek dan 30% Teori. Harapannya agar lulusan D3 bisa langsung bekerja. Kampus bekerja sama dengan beberapa mitra industri demi meningkatkan kompetensi mahasiswa. Adapun mitra industri yang bekerja sama yaitu Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA), Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin kuliah Jurusan Pariwisata. Penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru bisa Anda lihat di Program Vokasi website www.ui.ac.id

Related Articles

Close