Bisnis

Rekomendasi Cara Pembayaran BPJS yang Bisa Dipilih Sesuai Selera Anda

BPJS kesehatan menjadi salah satu fasilitas asuransi dari pemerintah yang bisa digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kebutuhan berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Dibalik manfaat yang ada, informasi yang berkaitan dengan pembayaran BPJS juga menjadi informasi yang selalu menarik perhatian.

Karena BPJS kesehatan direkomendasikan bagi seluruh kalangan masyarakat tanpa terkecuali, beberapa kalangan mengaku masih kebingungan memilih cara pembayaran yang paling mudah untuk dilakukan. Ada beberapa cara membayar BPJS kesehatan yang direkomendasikan yaitu pembayaran secara online dan offline. Berikut beberapa penjelasan mengenai kedua cara pembayaran ini.

Pembayaran BPJS Secara Offline

pembayaran BPJS
pembayaran BPJS

Cara pembayaran pertama yang direkomendasikan bagi kalangan masyarakat pemilik BPJS kesehatan adalah pembayaran secara offline. Cara ini banyak direkomendasikan terutama bagi masyarakat yang tidak ingin kesulitan melakukan pembayaran sendiri secara online.

Pembayaran BPJS secara offline bisa dilakukan dengan mendatangi tempat pembayaran tertentu seperti teller Bank Sinarmas. Anda hanya perlu menyampaikan kebutuhan pembayaran Anda dan menyerahkan nomor peserta BPJS kesehatan kepada pihak bank dan menunggu hingga proses pembayaran selesai dilakukan.

Keunggulan dari cara pembayaran ini adalah Anda tidak perlu repot-repot mempelajari cara membayar BPJS karena Anda hanya perlu menyerahkan uang pembayaran beserta data pembayaran pada petugas. Cara ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang belum terlalu akrab dengan sistem pembayaran online.

Cara Membayar BPJS Secara Online

Rekomendasi cara membayar BPJS kesehatan berikutnya adalah cara pembayaran secara online. Di zaman serba canggih seperti saat ini, hampir setiap tagihan bisa dibayar secara online tanpa harus mengunjungi loket pembayaran seperti minimarket dan lain sebagainya.

Anda hanya perlu menyiapkan smartphone dan mengakses internet banking Anda untuk melakukan pembayaran secara online. Sebagai contoh, para pemilik rekening Bank Sinarmas bisa mengakses menu pembayaran dan kategori layanan umum pada aplikasi SimobiPlus untuk melakukan pembayaran ini.

Keunggulan dari sistem pembayaran online bukan hanya Anda tidak harus mendatangi loket pembayaran, namun Anda juga bisa melakukan pembayaran kapanpun baik itu pagi hari maupun malam hari. Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk menyelesaikan pembayaran karena pembayaran secara online bisa selesai dalam beberapa menit saja.

Meski pembayaran berlangsung sangat cepat, namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa mendapatkan bukti pembayaran dengan menyimpan resi yang tampil dalam smartphone Anda. Dengan cara ini, Anda bisa dengan santai membayar BPJS kapanpun tanpa takut dikenai denda.

Itulah 2 cara pembayaran BPJS kesehatan yang paling direkomendasikan bagi Anda para pemilik asuransi kesehatan dari BPJS. Selain melalui teller dan internet banking, Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui mesin ATM.

Jika Anda merupakan nasabah Bank Sinarmas, maka Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dengan mengakses menu pembayaran kemudian menginput informasi yang dibutuhkan sesuai format pembayaran. Format pembayaran yang digunakan juga cukup mudah yaitu “jumlah bulan yang akan dibayar + 88888 + 11 Digit Terakhir Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan” .

Setelah Anda membayar menggunakan mesin ATM, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran berupa struk yang dicetak melalui mesin ATM. Namun tentu Anda harus memastikan terlebih dahulu saldo dalam rekening yang digunakan mencukupi tagihan BPJS kesehatan Anda agar proses pembayaran bisa berhasil dilakukan.

Pembayaran tagihan BPJS kesehatan memang lebih baik dilakukan dengan cara yang paling mudah sesuai dengan selera Anda agar cara proses pembayaran tidak membingungkan dan bisa dilakukan dengan cepat. Jangan sampai Anda telat melakukan pembayaran BPJS karena bisa menimbulkan tagihan denda serta sulitnya penggunaan layanan BPJS yang dimiliki. Bayarlah BPJS tepat waktu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Related Articles

Close