Kesehatan

Tips menyiapkan usia prasekolah bagi anak-anak

Apabila kita memiliki buah hati yang tidak masuk sekolah pada sejatinya ada dua jenis persiapan yang harus diperhatikan pertama adalah kesiapan fisik biologis sedangkan yang kedua adalah kesehatan mental emosional mereka. Persiapan fisik biologis adalah salah satu kemampuan dalam menyerap berbagai macam informasi yang ada disekelilingnya menggunakan panca indra seperti melihat, mendengar bicara bergerak juga aktif sesuai usianya. Sedangkan kesiapan mental emosional merupakan kemampuan dalam mengekspresikan perasaan memahami perintah, kemandirian, keceriaan dan berperilaku baik sesuai dengan usianya. Kedua macam kesiapan tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh Bunda terlebih lagi pada saat si kecil memasuki usia pra sekolah.

Kedua macam kesiapan saat memasuki usia pra sekolah baik fisik biologis maupun mental emosional akan dipengaruhi oleh tiga kebutuhan pokok sejak dini yaitu kebutuhan stimulasi dengan memberikan nutrisi susu Dancow pada buah hati Anda perhatian dan kasih sayang orang tua hingga fisik dan biologis. Kebutuhan stimulasi dipenuhi dengan cara bermain bersama si kecil meliputi berbagai macam permainan yang merangsang semua panca indra sang Buah Hati termasuk sentuhan penglihatan pendengaran pengecapan dan berbagai macam panca indera lainnya. 

Pra Sekolah

Selain itu juga bunda bisa merangsang gerakan motorik kasar maupun halus dengan cara berkomunikasi serta meningkatkan kreativitas sang buah hati. Memberikan stimulasi yang tepat akan sangat berpengaruh besar kepada perkembangan kecerdasan si kecil.

Sementara itu kebutuhan kasih sayang dan perhatian dari kedua orangtua dapat dipenuhi dengan cara memberikan rasa aman dan nyaman serta perlindungan dan merasa dihargai ketika berada ditengah-tengah keluarga. Bunda sebaiknya tidak perlu memakai kekerasan maupun hukuman yang terlalu berat apabila sang buah hati melakukan kesalahan akan tetapi bisa memberikan contoh-contoh yang baik dan penuh kasih sayang dan kegembiraan. 

Kebutuhan ini akan sangat berpengaruh besar terhadap kemandirian dan kecerdasan emosi sang Buah Hati terlebih lagi saat memasuki usia pra sekolah. Untuk kebutuhan fisik biologis bisa dipenuhi dengan cara memberikan nutrisi yang cukup dan seimbang yang berasal dari konsumsi makanan padat dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan yang tepat. Kebersihan badan maupun lingkungan tempat tinggal akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik biologis anak-anak. Sebagai pelengkap dan dukungan untuk hal tersebut bunda bisa memberikan asupan nutrisi terbaik seperti susu Dancow nutri tods susu pertumbuhan anak yang kaya akan nutrisi.

Related Articles

Check Also

Close
Close