Bisnis

Ingin Bayar Tagihan PDAM Online Lebih Murah, Coba 5 Tips Ini!

Kebutuhan minum, mandi dan memasak harus terpenuhi dengan baik menggunakan air bersih yang berkualitas. Tak mengherankan kalau PDAM merupakan sumber air di pemukiman kota yang mengalami krisis air bersih dewasa ini. Pastikan Anda selalu bayar tagihan PDAM online lewat Bank Sinarmas tepat waktu agar tidak perlu bayar denda keterlambatan, ya!

Cara menghemat penggunaan air PDAM sehari-hari 

Bayar tagihan PDAM online bisa membengkak setiap bulan bila Anda menggunakan air tanpa pikir panjang. Meski Anda bisa menggunakan air kapan saja, tetapi usahakan untuk tidak menggunakan air yang tidak perlu. Hemat merupakan cara paling efektif menekan pembengkakan biaya PDAM bulanan. Yuk, terapkan beberapa kiat menghemat penggunaan air PDAM sehari-hari berikut!

  1. Mandi berkualitas 

Apakah itu artinya Anda hanya perlu mandi lima menit saja? Tentu saja Anda bisa membuang air lebih banyak dalam waktu lima menit bila menyalakan kran air saat tengah mencuci muka atau menggosok gigi. Mengurangi waktu mandi selama dua menit terbukti efektif mengurangi penggunaan air sebanyak 30 persen. Coba hitung berapa banyak liter yang Anda simpan untuk mandi dua kali sehari per kepala di rumah!

  1. Menggunakan tombol flush dengan baik

Saat Anda buang air kecil atau air besar, sebaiknya gunakan tombol flush dengan seperlunya saja. Pada toilet modern terdapat dua tombol flush yang memiliki fungsi masing-masing, misalnya tombol flush besar untuk menyiram tinja sedangkan tombol kecil untuk menyiram urine. 

  1. Memastikan tidak ada kebocoran air 

Kebocoran air bisa terjadi kapan saja sehingga Anda harus rajin mengecek saluran air yang ada di rumah. Tetesan air pada wastafel atau kran di depan rumah bisa membuat pengeluaran Anda membengkak, lho! Upaya menghemat penggunaan air dengan segera memperbaiki saluran air yang bocor bisa membuat Anda bayar tagihan PDAM lebih murah. 

  1. Menggunakan shower 

Alih-alih menggunakan bak mandi, ada baiknya Anda memanggil tukang untuk membuat shower kamar mandi. Mandi dengan air shower bisa menghemat penggunaan air setiap mandi dibandingkan dengan bak mandi yang terisi penuh. Bila anak-anak suka bermain air, sebaiknya tampung di wadah tertentu dan sisa air bisa digunakan untuk menyiram bunga atau tanaman di taman rumah. 

  1. Penggunaan air untuk kebutuhan rumah tangga

Memasak bisa membuat dana bayar PDAM online lebih besar, sebaiknya Anda menggunakan air untuk mencuci sayur di wadah, lalu bilas dengan air mengalir. Saat mencuci piring, buang sisa makanan yang masih ada agar proses mencuci tidak membutuhkan air lebih banyak. Pilih peralatan elektronik yang lebih hemat air, misalnya beli mesin cuci satu tabung yang bisa menghemat penggunaan air dan lain-lain. 

Pada masa pandemi pun, Anda harus menggunakan air lebih hemat saat mencuci tangan. Matikan kran saat membersihkan telapak tangan dan jari-jari dengan cairan sabun, baru bilas dengan air mengalir sampai bersih. Membiarkan air mengalir terus dari kran akan membuat biaya air Anda membengkak bulan depan. Bila menyiram tanaman, sebaiknya gunakan air secukupnya saja pada pagi atau sore hari. 

Yuk, terapkan kiat menghemat anggaran bayar tagihan PDAM online dengan menggunakan air sebaik mungkin! Jangan lupa selalu bayar tagihan PDAM tepat waktu di Bank Sinarmas lewat M-banking dan ATM yang lebih fleksibel. Toh, biaya  biaya administrasi pembayaran tagihan Anda sangat terjangkau hanya 2.500 rupiah saja. Upaya hemat Anda hari ini akan memberi manfaat untuk rencana finansial masa depan, lho!

Related Articles

Close