Bisnis

Makna yang Terkandung Dalam Cincin Pernikahan Berlian

Pernikahan adalah salah satu momen paling berkesan dalam hidup seseorang. Momen ini menyatukan antara pria dan wanita dalam mahligai rumah tangga. Berbagai hal perlu disiapkan untuk mendapatkan momen pernikahan berkesan mulai dari gedung, busana, catering, hingga cincin pernikahan berlian. Cincin pernikahan adalah hal sakral karena menjadi simbol cinta antara pasangan suami istri.

Bukan hanya simbol pengikat pasangan suami istri saja, cincin pernikahan sebenarnya memiliki banyak makna yang terkandung di dalamnya. Berikut ini adalah berbagai makna yang terkandung tersebut:

cincin pernikahan berlian
cincin pernikahan berlian

Cincin Bentuk Lingkaran

Cincin pada umumnya berbentuk lingkaran yang utuh dan tanpa tepi. Pada zaman dahulu, cincin bentuk lingkaran tersebut sangat istimewa lantaran menjadi simbol keabadian atau eternity. Selain itu, bentuk lingkaran utuh yang tanpa tepi juga menandakan infinity atau tak terbatas dan tak terhingga. Dengan begitu, cincin nikah bentuk lingkaran memiliki arti ikatan cinta yang abadi dan tanpa batas. 

Kejayaan dan Kekuatan

Dahulu, cincin adalah perhiasan yang sangat mewah dan juga mahal. Tidak semua orang bisa mendapatkan dan memiliki perhiasan cincin. Pada umumnya, hanya orang tertentu yang memiliki kedudukan tinggi saja yang mampu memilikinya. Di zaman ini, cincin kemudian telah menjadi simbol pencapaian kejayaan dan kekuatan dari dua orang yang akan mengarungi bahtera rumah tangga.

Saling Mengikat

Cincin nikah berlian adalah lambang pengikat pasangan yang telah melakukan janji pernikahan. Janji yang dijalankan dalam pernikahan bukan sembarang janji namun telah disaksikan oleh tuhan. Pengantin harus mampu menjaga janji tersebut untuk selalu setia terhadap pasangannya. Cincin sebagai pengikat yang kuat mampu menjaga janji pernikahan yang telah dilakukan.

Bukti Cinta dan Komitmen

Cincin nikah adalah bukti cinta dan komitmen yang bisa dilihat oleh orang lain. Saat seseorang mengenakan cincin nikah maka itu artinya dia telah memiliki komitmen dengan pasangannya. Orang yang melihat juga akan tahu bahwa Anda sudah menikah. Tidak sedikit orang yang meyakini bahwa cincin nikah mampu membawa keberuntungan dan kemenangan.

Kesatuan yang Melengkapi

Biasanya cincin nikah yang digunakan memiliki bentuk lingkaran atau bulat yang tanpa awal maupun akhir. Cincin tersebut menggambarkan bagaimana kehidupan manusia yang terus berputar bagaikan roda. Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan seperti kelahiran, kematian, kebahagiaan, maupun kesedihan. Hal tersebut kemudian diartikan sebagai kesatuan yang melengkapi. Setiap pasangan harus mampu menerima kekurangan dan melengkapi untuk kesempurnaan.

Mengingat Pasangan

Ada banyak batu sandungan yang akan dihadapi oleh pasangan saat menjalani kehidupan pernikahan. Penggunaan cincin nikah untuk kehidupan sehari-hari bisa membantu mengingat pasangan. Jika mampu mengingat pasangan dalam berbagai hal maka akan muncul rasa kesetiaan antara satu dan lainnya. Sedangkan penggunaan cincin nikah di jari manis mitosnya adalah karena di jari manis ada pembuluh darah yang menuju jantung.

Kekuatan Cinta

Makna cincin nikah yang terakhir adalah kekuatan cinta. Kebanyakan pasangan memilih cincin dengan kualitas logam dan berlian terbaik. Karena hal tersebut cincin bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jadi cincin bisa menjadi lambang kekuatan cinta dan keseriusan suami istri dalam menjalankan janji pernikahan.

Itulah berbagai makna yang ada pada cincin pernikahan berlian. Apakah Anda mencari cincin pernikahan terbaik? Pilihlah wedding ring band dari Mondial Jeweler. Model cincin yang ditawarkan beragam dan unik. Anda juga bisa memanfaatkan jasa custom untuk mendapatkan cincin nikah yang lebih eksklusif. Saat ini toko fisik dari Mondial Jeweler sudah ada di kota Bandung, Jakarta, Medan, serta Surabaya. Sedangkan website online yang bisa dikunjungi yaitu mondialjeweler.com.

Related Articles

Close