Bisnis

5 Tips Menata Peralatan untuk Desain Dapur Sederhana

Dapur merupakan salah satu ruangan yang paling sering dikunjungi, baik untuk memasak atau makan bersama. Maka dari itu, dapur harus dibuat dengan teliti dan sesuai keinginan. Desain dapur yang menarik akan membuat Anda dan keluarga lebih berselera untuk sering mengunjungi dapur. Tidak harus berukuran besar, Anda bisa membuat desain dapur sederhana dengan ruangan yang minimalis.

Selain memperhatikan desain pada dapur, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa properti pelengkap seperti peralatan makan, alat memasak, dan perabotan tambahan. Semuanya harus ditata dengan rapi agar dapur minimalis Anda terlihat indah sekaligus elegan. 

Bagaimana Cara Menata Dapur Agar Terlihat Elegan?

Berikut adalah beberapa tips menata properti di dapur yang bisa Anda terapkan hasil yang berkelas:

  1. Memanfaatkan Space Bawah Sink

Tips pertama yang bisa Anda terapkan adalah memanfaatkan ruangan yang ada di bawah sink. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa space yang ada di bawah sink mengambil banyak ruangan tidak terpakai, lebih baik mulai saat ini manfaatkan saja sebagai wadah penyimpanan alat-alat untuk mencuci peralatan dapur. Dengan begitu, dapur minimalis Anda akan terlihat rapi dan tidak berantakan.

Desain dapur sederhana

2. Memperbanyak Laci di Dapur

Laci merupakan salah satu elemen penting yang wajib Anda miliki di dapur. Jangan hanya memiliki satu laci saja jika ingin dapur yang rapi, sebab banyak peralatan dapur yang harus Anda simpan.

Piring, sendok, mangkuk, dan beberapa peralatan lainnya akan terlihat tidak rapi jika Anda biarkan tergeletak di luar laci. Apalagi jika sampai menumpuk karena tidak dicuci ketika kotor.  

Pastikan untuk rajin mencuci peralatan dapur setelah digunakan lalu menyimpannya dengan rapi dalam rak atau laci yang telah tersedia.

3. Menata Peralatan Sesuai Jenis

Pastikan untuk memiliki tempat penyimpanan yang sama untuk peralatan dapur Anda. Kelompokkan peralatan berdasarkan jenisnya dan letakkan berdasarkan kategori yang sama. 

Anda bisa mengumpulkan piring bersama dengan piring, gelas dengan gelas, sendok dan garpu juga dengan peralatan yang sama. Dapur akan terlihat rapi dan enak untuk dilihat sehingga Anda juga akan lebih bersemangat untuk berkunjung ke dapur.

4. Gunakan Tanaman Hias

Apakah Anda menyukai desain dapur yang terlihat elegan dengan konsep alami? Jika iya, maka lebih baik menggunakan hiasan berupa tanaman hias dengan pot kecil dan dijajar rapi. Pilih warna pot senada, misalnya putih untuk memadukannya dengan warna dinding.

Anda bisa memilih ukuran pot yang kecil agar bisa meletakkan beberapa tanaman hias. Untuk tanamannya juga harus pilih yang serupa agar terlihat seragam dan lebih cantik.

5. Gunakan Wadah Penyimpanan Seragam

Jika ingin peralatan di dapur Anda terlihat rapi dan elegan, Anda bisa menggunakan beberapa wadah penyimpanan yang seragam. Misalnya wadah bumbu dapur yang sama, toples seragam untuk menyimpan beberapa bahan makanan, serta lain-lain.

Jika Anda memberikan perhatian yang besar untuk dapur, tidak sulit untuk mendapatkan desain yang berkelas meskipun ukuran dapur minimalis.

Pastikan untuk menata beberapa peralatan dapur sebaik mungkin agar desain dapur sederhana yang Anda miliki tetap terlihat cantik. Sekarang sudah waktunya untuk membereskan beberapa perabotan dapur dan menyesuaikan desainnya. 

Related Articles

Close