Edukasi

Cara Efektif Menjalankan Aktivitas Kuliah Sambil Kerja Sekaligus

Kuliah sambil bekerja banyak dilakukan demi mengejar cita-cita yang diimpikan. Hal tersebut baik untuk dijalankan karena pendidikan tinggi merupakan hal yang penting. Namun terkadang banyak kesulitan yang harus dialami dalam menjalankan dua aktivitas sekaligus. Misalnya seperti pekerjaan dan tugas kuliah yang memiliki deadline berdempetan, waktu kuliah yang berdekatan dengan waktu kerja, dan lain sebagainya. Apabila Anda berhasil melewati hal ini maka kesuksesan bisa diraih.

Anda yang kuliah sambil bekerja mungkin membutuhkan kerja keras dan disiplin yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak bekerja. Oleh sebab itu, Anda harus pintar-pintar menjalankan aktivitas sehingga keduanya bisa seimbang. Berikut ini tips menjalankan aktivitas kuliah sambil kerja yang bisa Anda ikuti:

Sesuaikan Kebutuhan dengan Jadwal

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Ketika memutuskan kuliah sambil bekerja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur waktu antara kuliah dan juga bekerja. Jadi Anda harus mengambil perkuliahan di luar jam kerja. Adanya pilihan kelas karyawan mungkin sedikit membantu Anda untuk menyesuaikan kebutuhan dengan jadwal. Pada umumnya kelas karyawan ini dilakukan pada sore hari atau akhir pekan. Jadi Anda yang bekerja secara reguler bisa tetap pergi ke kampus pada jam tersebut.

Beritahu Atasan Jika Anda Berkuliah

Memberitahu atasan jika Anda akan melanjutkan kuliah merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak kesulitan selama mengatur waktu antara pekerjaan dan perkuliahan. Biasanya atasan akan memberikan izin untuk Anda yang ingin kuliah sambil bekerja karena hal tersebut juga menguntungkan bagi perusahaan mereka. Jika mendapatkan izin untuk kuliah, Anda tetap harus memberikan performa yang baik sehingga atasan tidak merasa terganggu dengan aktivitas double yang dilakukan.

Jangan Bermalas-malasan dan Menunda Pekerjaan

Anda yang kuliah sambil kerja sekaligus harus menghadapi rutinitas yang padat dan dibebani oleh banyak pekerjaan serta tugas kuliah. Anda dituntut untuk memiliki energi lebih dibandingkan mereka yang hanya kuliah saja. Agar tugas dan pekerjaan bisa selesai dengan baik maka Anda tidak boleh bermalas-malasan atau menunda pekerjaan. Kerjakan tugas kuliah lebih awal. Ketika berhasil mengerjakan tugas lebih awal maka Anda bisa mengatur waktu dengan baik.

Jaga Kondisi Tubuh

Kuliah sambil bekerja mungkin akan menghabiskan banyak waktu Anda. Ketika waktunya beristirahat setelah bekerja, Anda harus rela menghabiskannya untuk mengerjakan tugas dari kampus. Hal tersebut mungkin akan menuntut Anda sering begadang untuk mengerjakan tugas ataupun pekerjaan.

Sebaiknya atur waktu dengan baik agar Anda tidak perlu begadang untuk mengerjakan tugas. Pasalnya, terlalu banyak begadang akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang baik. Kesehatan penting jika Anda ingin pekerjaan dan perkuliahan berjalan dengan lancar. Istirahatlah yang cukup agar Anda kembali fit. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat dan makan tepat waktu.

Jaga Performa Kerja dan Nilai Kuliah

Jangan menjadikan kuliah sebagai alasan untuk menurunkan performa Anda selama berada di kantor. Sebaliknya jangan juga menjadikan alasan bekerja untuk Anda malas-malasan ketika mendengarkan perkuliahan. Anda sudah mengorbankan banyak hal untuk bisa bekerja dan berkuliah, jadi usahakan untuk menjaga performa di keduanya.

Itulah cara efektif yang bisa Anda lakukan agar kuliah sambil kerja bisa seimbang. Kini saatnya Anda memilih universitas yang mampu mendukung kegiatan padat Anda. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer atau STMIK Indo Daya Suvana menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin kuliah di bidang Informatika dan ilmu komputer.

Institusi yang juga dikenal dengan IDS Digital College ini memiliki kelas karyawan yang bisa Anda masuki. Salah satu kelebihan dari IDS Digital College adalah pendekatan real world assignment dalam metode penugasannya. Jadi dengan metode tersebut mahasiswa akan mendapatkan tugas yang mendekati praktek kerja riil. Langsung saja kunjungi ids.ac.id untuk informasi yang lebih lengkap.

Related Articles

Close