Edukasi

Cara Mendidik Anak Usia di Bawah 4 Tahun

 

Menyaksikan tumbung kembang terhadapa anak yang sesuai dengan tahapannya mulai dari lahir sampai anak tersebut bisa berjalan, makan bisa melakukannya sendiri dan sampai dewasa adalah sesuatu kesenangan yang bisa menjadi kepuasaan jika seorang anak tersebut tumbuh dan juga berkembang dengan sangat baik sekali. anak yang berusia dibawah 4 tahun tentunya sangat membutuhkan perhatikan yang ekstra dari orang tuanya, selain itu tidaklah mudah untuk dapat mengajari anak pada tahapan usia sebelum sekolah dikarenakan ada banyak sekali hal yang tentunya masih sangat ingin mereka ketahui dengan cara ocehan, tingkah laku, kebiasaan dan yang lainnya. Di dalam hal ini peran dari orang tua sebaiknya harus bisa lebih peka terhadap tingka laku anak dikarenakan bisa menjadi acuan untuk kita cara mendidik anak yang baik dan benar.

Berikut ini akan dipaparkan tetang cara mendidik anak pada tahapan usia di bawah empat tahun, dimana cara yang akan dipaparkan ini bisa kita terapkan terhadap pola pengasuhan anak setiap harinya. Mulai mengajari anak itu untuk bisa mengkonsumsi makanannya sendiri tanpa harus kita suapi, mengenalkan jenis makanan yang sehat, harus mengenalkan benda yang berada di sekitar kita dan tenunya kita harus mengenalkan semua anggota keluarga terhadap anak sejak anak terebut usianya sudah memasuki tahahapan mulai bisa melakukan komunikasi atau pun berbicara. Usia satu tahun adalah usia yang sangat pas sekali untuk dapat melakukan hal tersebut dikarenakan memori anak sangat kuat sekali sehingga anak akan bisa mengingat apa yang kita ajarkan sehingga anak akan tumbuh besar nantinya.

Mendidik anak dengan cara yang sangat halus namun tegas, ketika kita sedang memberitahukan mana yang boleh dan juga mana yang tidak boleh untuk dilakukan oleh anak yang berusia dibawah empat tahun, sebaiknya harus diberikan sebuah pengertian dengan nada bicara yang harus mudah dimengerti oleh anak. kita harus bisa menghindari untuk memerahi anak, membentak dan juga harus memberitahukannya dengan nada perintah dikarenakan bisa menimbulkan trauma psikis sehingga anak akan mengikuti tingkat laku kita ketika sudah dewasa nantinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close