Kesehatan

Tanda Bahaya Perkembangan Janin 

Kesibukan dan kurangnya pengetahuan. Kadang membuat ibu hamil kurang memperhatikan kehamilannya. Gangguan dalam perkembangan janin  saat di kandungan yang bisa ditanggulangi  kadang baru disadari saat sudah, membahayakan ibu dan bayinya. Beberapa hal penting mengenai gangguan  pertumbuhan janin yang perlu kamu ketahui, seperti di bawah ini.

1. Kontraksi perut

Kontraksi perut yang terjadi pada rahim adalah  tanda berbahaya. Hal ini bisa mengakibatkan keguguran pada kehamilan muda. Bisa menyebabkan  kelahiran prematur pada kehamilan yang belum cukup bulan. Jika terjadi kram atau  kontraksi hebat, seperti saat  menstruasi ada baiknya segera periksakan  diri. Pemeriksaan bisa pada bidan sela atau pusat kesehatan  lainnya. Jangan abaikan kontraksi rahim yang belum waktunya,  karena akan menimbulkan pendarahan.

perkembangan janin
                                                                           perkembangan janin

2. Flek dari vagina

Hamil, identik dengan berhentinya siklus menstruasi sementara. Berarti tidak akan ada siklus bulanan. Jika timbul perdarahan berarti ada masalah dalam kehamilan. Jika terus menerus  akan mengganggu perkembangan janin. Jika perdarahan  tidak terlalu banyak lakukan istirahat di tempat tidur terlebih dahulu. Jika tidak hilang dengan istirahat  atau bertambah banyak sebaiknya konsultasikan ke dokter. Hindari aktivitas berat, perbanyak istirahat.

3. Gerakkan bayi hilang.

Gerakkan bayi dalam  kandungan dapat dirasakan pada kehamilan usia 4 bulan. Pada awalnya tidak terlalu terasa,  tetapi lama kelamaan gerakkannya makin aktif. Jika suatu saat dirasakan gerakan berkurang bahkan hilang, ini tanda bahaya. Segera lakukan pemeriksaan  kehamilan pada unit kesehatan atau  pada bidan Sela. Gerakan yang kurang berarti ada masalah  kekurangan oksigen pada bayi. Penyebabnya harus segera  diatasi. Agar janin selamat dan tidak berakhir pada kematian  di dalam kandungan.

Rutin memeriksakan kehamilan merupakan langkah awal untuk menilai perkembangan janin. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan membatasi aktivitas bisa membantu  kehamilan agar lancar, hingga proses persalinan. Masalah saat hamil jika bisa ditanggulangi  sejak awal, bisa memberikan hasil yang baik. Ibu hamil sebaiknya selalu waspada dan berhati-hati.  Tidak perlu menjadi cemas berlebihan. Saat hamil adalah saat paling istimewa untuk ibu dan bayi.

Related Articles

Close