makananmasakanMinumanresep masakan

Cemilan Tradisional Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui

Cemilan Tradisional Indonesia – Jika Kalian Jalan-jalan ke Aceh rasanya tidak lengkap jiak tanpa membawa pulang oleh-oleh dari sana. Mendengar kata kuliner atau makanan khas Aceh, mungkin yang Anda cari adalah Mie Aceh atau Teh Tarik.

Tapi tidak hanya itu, Aceh ternyata juga punya cemilan lezat yang bisa digunakan oleh-oleh untuk teman atau kerabat kamu. Jika kalian masih bingung dengan cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini, maka dalam artikel ini kami akan memberikan informasi tentang makanan tersebut.

Cemilan Tradisional Indonesia
Cemilan Tradisional Indonesia

Berikut salahsatu cemilan tradisional Indonesia yang perlu kita bela:

  • Bhoi

Kue tradisional Indonesia Bhoi ini bisa dibilang semacam kue Bolu yang tradisional khas Aceh. Teksturnya pun kering di luar namun di bagian belakang sangat lembut. Rasanya yang manis ini membuat Bhoi sering disebut teman minum kopi hangat. Bila dicelupkan ke dalam kopi, teksturnya pun akan berubah menjadi lembut saat digigit ke dalam mulut. Kue Bhoi ini juga memiliki bentuk yang menarik seperti ada yang berbentuk ikan, bunga, bintang, binatang dan Loyang. Semakin menambah selera untuk pengeluarannya. Kue ini pun bisa tahan berbulan-bulan padahal tidak diberikan pengawet.

  • Timphan

Timphan merupakan makanan yang dibalut dengan daun pisang muda dan memiliki berbagai rasa seperti rasa durian, kelapa, ubi ungu dan srikaya, namun Timphan yang paling terkenal adalah Thimpan rasa Srikaya. Meskipun memiliki variasi rasa, rasa asli Timphan ini tetap terasa dan lezat. Timphan ini lebih sering dilakukan cemilan yang cocok juga untuk menjadi teman minum kopi.

Sangat sering dihidangkan jika ada acara besar seperti hari raya atau lebaran, hajatan, arisan, wirid dan acara semacamnya. Disamping itu Timphan ini juga dapat Anda temukan warung yang ada di Aceh karena memang banyak orang yang mengonsumsinya dengan kopi. Untuk Thimpan, bisa tersimpan selama kurang lebih 7 hari atau seminggu.

Setelah mengetahui beberapa cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini, kalian mungkin tidak akan pernah sabar lagi untuk mencicipinya dengan secangkir kopi panas atau Teh hangat. Daripada penasaran, mari lebih baik lagi jangan lupa beli cemilan-cemilan tadi untuk diberikan kepada keluarga, teman atau untuk dinikmati sendiri dirumah.

Related Articles

Close