resep masakan

Cemilan Tradisional Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui

Cemilan Tradisional Indonesia – Jika Kalian Jalan-jalan ke Aceh rasanya tidak lengkap jiak tanpa membawa pulang oleh-oleh dari sana. Mendengar kata kuliner atau makanan khas Aceh, mungkin yang kalian pikirkan adalah Mie Aceh atau Teh Tarik.

Tapi tidak hanya itu, Aceh ternyata juga punya cemilan lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk teman ataupun kerabat kalian. Jika kalian masih bingung dengan cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini, maka dalam artikel ini kami akan sajikan informasi tentang makanan tersebut.

Cemilan Tradisional Indonesia
                                                          Cemilan Tradisional Indonesia

Berikut salahsatu cemilan tradisional Indonesia yang perlu kita ketahui :

  • Bhoi

Kue tradisional Indonesia Bhoi ini bisa dibilang semacam kue Bolu yang tradisional khas Aceh. Teksturnya pun kering di luar namun di bagian dalamnya sangat lembut. Rasanya yang manis ini membuat Bhoi sering dijadikan teman minum kopi hangat. Apalagi bila dicelupkan ke dalam kopi, teksturnya pun akan berubah menjadi lembut saat digigit ke dalam mulut. Kue Bhoi ini juga memiliki bentuk yang menarik misalnya ada yang berbentuk ikan,bunga,bintang,binatang dan Loyang. Semakin menambah selera untuk memakannya. Kue ini pun bisa tahan berbulan-bulan padahal tidak diberikan pengawet.

  • Timphan

Timphan merupakan makanan yang lunak dibalut dengan daun pisang muda dan memiliki berbagai rasa seperti rasa durian, kelapa, ubi ungu dan srikaya, namun Timphan yang paling terkenal adalah Thimpan rasa Srikaya. Meski memiliki berbagai variasi rasa, rasa asli Timphan ini tetap terasa dan lezat. Timphan ini sebenarnya lebih sering dijadikan cemilan yang cocok juga untuk menjadi teman minum kopi.

Biasanya sering dihidangkan jika ada acara-acara besar seperti hari raya atau lebaran, hajatan, arisan, wirid dan acara semacamnya. Selain itu Timphan ini juga bisa kalian temukan di waring warungkopi yang berada di Aceh karena memang banyak orang yang mengonsumsinya dengan kopi. Untuk Thimpan, bisa disimpan selama kurang lebih 7 hari atau seminggu.

Setelah mengetahui beberapa cemilan tradisional Indonesia khas Aceh ini, kalian mungkin tidak akan pernah sabar lagi untuk mencicipinya dengan secangkir kopi panas ataupun Teh hangat. Daripada penasaran, mari lebih baik kalian jangan lupa membeli cemilan-cemilan tadi untuk diberikan kepada keluarga, teman ataupun untuk dinikmati sendiri dirumah.

Related Articles

Close