pendidikan

Tips Cermat Memilih Universitas yang Tepat

Ketika sudah lulus SMA dan berniat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi kadang kita bingung untuk memilih universitas yang tepat. Namun sekarang jangan bingung, ada Universitas Indonesia yang merupakan salah satu collage in Indonesia yang terbaik. Janganlah terburu-buru dan pikirkanlah secara matang agar terencana dengan baik. Jika and amasih bingung, berikut ada beberapa tips memilih universitas yang tepat, diantaranya:

  • Tentukan kota tujuan

Hal pertama yang mesti kamu pertimbangkan adalah memilih kota yang sesuai dengan kehidupan kamu. Karena suasana kota kadang sangat berpengaruh pada perjalanan pendidika kita. Mengingat setiap kota memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Untuk itu pilihlah kota yang minimal ada sanak saudara kamu yang tinggal disana, seperti paman, kakak dan sebagainya. Hal ini dapat mempermudah kamu jika terjadi suatu kendala. Selain itu juga tinggal bersama mereka dapat menghemat biaya pengeluaran untuk sewa kamar kos dan lain sebagainya.

collage in Indonesia

  • Perhatikan biaya

Biaya merupakan hal penting yang msti kamu pertimbangkan. Jangan sampai karena masalah biaya ang terbatas menjadi penghalang kamu untuk kuliah. Karena masih banyak jalan yang bisa kamu usahakan, seperti mengikuti program beasiswa dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki biaya yang terbatas, maka pilihlah kampus yang dekat rumah atau kota terdekat. Sehingga kamu masih bisa pulang pergi ke rumah, minimal tidak memikirkan biaya kamar kost.

  • Tentukan universitas tujuan

Setelah berhasil menentukan kota tujuan kamu, pasti sudah terbayang ada universitas papa saja di daerah tersebut. Selanjutnya kamu membuat daftar universitas yang ada disana, kemudian pilihlah minimal tiga yang kamu minati. Cara ini penting dilakukan, akrena kalaupun tidak lulus di salah satu universitas, masih ada universitas lainnya yang bisa kamu coba kembali.

Itulah beberapa tips memilih universitas yang tepat. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin melanjutkan untuk kuliah. Pastinya kamu ingin masuk ke kampus yang terbaik. Untuk itu cobalah Untuk mendaftar ke kampus Universitas Indonesia, karena kampus tersebut merupakan salah satu collage in Indonesia yang terbaik.

 

Related Articles

Check Also

Close
Close