Edukasi

College in Indonesia dengan Jurusan Teknologi dan Teknik Terbaik

College in Indonesia – Jurusan teknologi adalah salah satu bidang studi yang banyak dicari seiring dengan berkembangnya digitalisasi dalam kehidupan. Banyak para pemuda yang  hendak memasuki bidang tersebut dengan harapan dapat masuk sebagai bagian dari ekosistem digital di Indonesia dan bahkan dunia.

Bagi kalian yang tertarik masuk dalam bidang itu, tentu mempunyai pertanyaan besar, kampus manakah yang saat ini memiliki jurusan teknologi terbaik dari sekian banyak kampus di Indonesia. Namun jangan hawatir karena kalian akan menemukan jawabannya disini.

3 College in Indonesia dengan Jurusan Teknologi dan Teknik Terbaik

Quacquarelly Symonds (QS) Worlds University Ranking merilis peringkat universitas teknologi dan teknik terbaik tahun ajaran 2017/2018. Terdapat lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 dunia yang telah masuk ke dalam perhitungan QS tersebut. Dari hasil tersebut bisa dilihat pula kampus mana yang mempunyai jurusan ‘Engineering and Technology’ terbaik pada setiap negara.

Terdapat tiga College in Indonesia yang telah masuk ke dalam 500 kampus terbaik dunia dengan jurusan teknologi dan teknik. Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menempati peringkat ke 215. Sementara itu dua kampus lainnya yakni Universitas Gadjah Mada dan juga Universitas Indonesia  ada di perangkat antara 401-450.

Penetapan dari peringkat ini telah dibuat QS berdasarkan dengan beberapa indicator. Indikator tersebut di antaranya adalah jumlah tingginya kutipan yang dipakai peneliti, kualitas sumber daya manusia dan reputasi akademik. Disamping itu mereka juga menggunakan indeks H yang dipakai untuk mengukur produktivitas dan juga dampak dari karya ilmiah yang dibuat oleh para peneliti beserta sarjananya.

Sementara itu, untuk kampus dengan jurusan teknologi dan juga teknik terbaik di dunia, tentu masih ditempati oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika Serikat. Untuk posisi selanjutnya, berturut-turut adalah Stanford University (AS), University of Cambridge (Inggris, Nanyang Technological University (Singapura) dan juga ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology (Swiss). Itulah beberapa review mengenai College in Indonesia dengan jurusan teknologi dan teknik terbaik.

Related Articles

Close