Edukasi

Apa Itu Program Studi Teknik Informatika dan Bagaimana Prospeknya

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat membuat kebutuhan akan tenaga kerja lulusan teknik informatika sangat dicari. Prospek kerja teknik informatika juga menjadi salah satu profesi yang mempunyai peluang sangat luas. Mengingat kebutuhan akan teknologi semakin dicari, maka dengan adanya jurusan teknologi informatika diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai target pasar.

Melihat peluang dari prospek kerja teknik informatika, salah satu sekolah internasional seperti IDS tentu bisa menjadi pilihan. Karena selain memperhatikan kuantitas, kualitas dari lulusannya pun tidak akan mengecewakan. Karena sudah diberikan ilmu yang mumpuni dan skil atau kemampuan yang siap untuk terjun ke dunia kerja.

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Informatika di Dunia Kerja

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Sebelum masuk ke pembahasan prospek kerja dari jurusan teknik informatika, tidak ada salahnya bila Anda pahami dulu apa itu jurusan teknik informatika, alasan kenapa harus memilih jurusan ini, dan mata kuliahnya apa saja yang harus Anda pelajari nanti di IDS. Penasaran? Yuk simak!

Jurusan Teknik Informatika itu apa sih?

Program studi teknik informatika merupakan jurusan yang khusus mempelajari serta menerapkan beberapa prinsip yang berhubungan dengan komputer, yang diantaranya seperti:

  • ilmu desain untuk penerapan prinsip ilmu komputer dan analisa matematis
  • pengembangan
  • pengujian sampai dengan evaluasi perangkat lunak
  • sistem operasi dan cara kerja komputer

Nantinya Anda juga akan diberikan pembelajaran mengenai bagaimana cara untuk menghasilkan ide kreatif, yang selanjutnya akan direalisasikan, kemudian memecahkan fungsi-fungsi yang ada di perangkat lunak, sampai dengan bagaimana cara untuk menciptakan struktur instruksi yang mendetail disertai bahasa pemrograman yang nantinya akan Anda kerjakan.

Karena sebagai mahasiswa ilmu komputer, Anda dituntut untuk mampu dan menjadi ahli dalam mengerjakan sistem operasi dan aplikasi. Yang nantinya juga harus memastikan kalau dasar sistem operasi sudah bekerja sesuai dengan instruksi dan benar.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Adapun mata kuliah yang umum dipelajari pada jurusan ini, diantaranya adalah :

  1. Algoritma & Struktur Data
  2. Sistem Operasi
  3. Logika Informatika
  4. Strategi Algoritma
  5. Probabilitas dan Statistika
  6. Pemrograman Berorientasi Objek
  7. Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Artificial Intelligence
  9. Pemrograman Internet
  10. Kalkulus
  11. Dasar Dasar Pemrograman
  12. Sistem Komputer
  13. Teori Komputasi
  14. Metode Pengembangan Software
  15. Sistem Jaringan
  16. Data Mining
  17. Database dan Sistem Informasi
  18. Kriptografi
  19. Etika & Hukum Cyber
  20. Intelegensia Buatan
  21. Basis Data

Lalu bagaimana dengan prospek kerjanya?

Nah, setelah Anda sudah mengerti dengan pengertian program studi teknik informatika dan mata kuliah yang umum dipelajari, maka ulasan selanjutnya adalah prospek kerja teknik informatika. Berikut ulasannya, yuk simak!

Prospek Kerja Teknik Informatika

Menurut sumber BLS atau Bureau of Labor and Statistik, mengatakan bahwa bidang Informatika merupakan salah satu profesi yang pada tahun 2014 sampai dengan 2024 menjadi profesi yang paling dicari oleh perusahaan besar bila dibandingkan dengan profesi lainnya.

Lulusan dari jurusan Teknik Informatika nantinya memiliki prospek kerja yang tidak hanya luas, tetapi juga bervariasi. Yang diantaranya adalah:

  • Programmer Peralatan yang dikontrol oleh Komputer Numerik
  • Admin Database
  • Growth Hacker
  • Manajer Sistem Komputer dan Informasi
  • Analis Sistem Komputer
  • Penulis Teknis
  • Dosen Ilmu Komputer
  • Peneliti Komputer dan Informasi
  • Arsitek Jaringan Komputer
  • Arsitek Sistem Komputer

Bila Anda tertarik dengan dunia teknologi dan semua hal yang ada pada komputer, maka jurusan ini cocok untuk dicoba. Karena tidak menutup kemungkinan kalau salah satu profesi yang sudah disebutkan diatas bisa menjadi profesi tepat untuk Anda jalani. Dengan kuliah di IDS, maka prospek kerja teknik informatika tidak lagi menjadi impian, tetapi juga bisa menjadi kenyataan. Jadi, mikir apalagi? Yuk kuliah di IDS!

Related Articles

Close