Hal Penting Untuk Mempersiapkan S2 di Luar Negeri

 

GMAT online preparation
GMAT online preparation

Beberapa dari kita mungkin bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan magister atau S2 nya di luar negeri. Persiapan kuliah di luar negeri tak semudah kuliah di negeri sendiri. Para calon mahasiswa biasanya sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari bahkan hingga berbulan-bulan.

Karena ada banyak hal yang perlu di persiapankan, salah satunya GMAT. Lalu apa sebenarnya GMAT? Beberapa orang mungkin merasa asing apa yang di maksud GMAT Graduate Management Admission Test (GMAT) ialah tes penerimaan untuk melanjutkan S-2 di negara tujuan. Kebanyakan orang saat ini mempersiapkan GMAT secara online atau biasa disebut GMAT online preparation.

Kali ini kami akan membagikan beberapa hal penting yang harus di persiapkan sebelum Anda melanjutkan S2 di luar negeri dan alangkah baiknya di persiapkan beberapa bulan sebelumnya. Apa sajakah hal penting tersebut? Berikut paparannya.

  • Carilah Informasi Seputar Jurusan, Universitas dan Beasiswa di Negara yang Dituju

Sebelumnya Anda pasti sudah menempuh jenjang pendidikan S1, maka dari itu jika Anda akan melanjutkan kuliah di luar negeri carilah informasi selengkap mungkin terkait jurusan yang akan di tempuh, Universitas yang akan dipilih dan hal penting lainnya adalah beasiswa.

  • Tentukan Target Jurusan dan Universitas yang Dituju

Setelah Anda mendapatkan informasi lengkap tentang jurusan dan universitas yang Anda inginkan. Maka tentukanlah targetnya. Hal ini sangat penting karena setiap universitas bahkan jurusan memiliki kualifikasi tersendiri dalam proses seleksi mahasiswa baru.

  • Mulai lakukan persiapan GMAT

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak lembaga yang menawarkan persiapan GMAT bahkan yang secara online seperti Edupac Indonesia. Edupac Indonesia memiliki program GMAT online preparation bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 nya di luar negeri.

  • Persiapkan Persyaratan Seleksi Masuk dan Beasiswa

Pastikan setiap dokumen yang menjadi syarat untuk seleksi dan beasiswa dikumpulkan dengan baik.

  • Daftar ke Universitas

Segeralah daftar diri Anda sebelum waktu pendaftaran di tutup. Tentunya Anda tidak ingin jika Anda gagal melanjutkan kuliah S2 di luar negeri karena terlambat daftar bukan?

  • Daftar Beasiswa

Jika Universitas sudah mengumumkan hasil seleksi dan Anda diterima, maka segera mendaftarkan beasiswa. Mendaftarkan beasiswa akan sangat membantu menekan biaya pendidikan bahkan biaya hidup Anda di luar negeri.

  • Urus Visa Study

Jika Anda telah lulus seleksi beasiswa, inilah waktunya untuk mengurus Visa study ke institusi terkait. Pastikan dokumen untuk membuat Visa sudah Anda kumpulkan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu di persiapkan dari jauh-jauh hari. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *