Edukasi

5 Mata Kuliah Wajib yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi

Sebelum memilih jurusan kuliah, memang perlu dilakukan pertimbangan dengan matang agar nantinya tidak merasa salah jurusan. Biasanya seseorang akan mempertimbangkan prospek kerja sebelum memilih jurusan. Pasalnya dengan prospek kerja yang menjanjikan maka Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Selain prospek kerja, pertimbangan yang tidak kalah penting adalah passion. Memilih jurusan sesuai passion bisa membantu Anda lebih mudah selama perkuliahan. Hal tersebut juga berlaku apabila Anda ingin mengambil jurusan Sistem Informasi.

Dari prospek kerja, Sistem Informasi jelas sangat menjanjikan karena semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga IT. Ada banyak sekali peluang kerja lulusannya seperti menjadi software developer, network administrator, database administrator, information security analyst, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk menyesuaikan dengan passion, Anda harus mengetahui mata kuliah wajib yang diajarkan berikut ini:

Matematika dan Statistika

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Semua jurusan di bidang teknik pasti mewajibkan mahasiswanya untuk menguasai mata kuliah matematika dan statistika. Jadi Anda harus kembali berhubungan dengan angka dan rumus yang sering ada di kedua pelajaran tersebut.

Biasanya mata kuliah matematika ada pada awal semester atau sebagai pengantar perkuliahan. Setelah mata kuliah matematika lulus, maka Anda bisa mengambil mata kuliah wajib statistika. Anda yang memiliki keahlian di pelajaran matematika dan statistika selama sekolah akan lebih diuntungkan.

Analisis

Mata kuliah wajib di jurusan Sistem Informasi selanjutnya adalah analisis. Apabila menemukan masalah dalam sistem komputer maka Anda harus mampu menganalisa serta mencari sumber masalah tersebut. Dari situ kemudian akan ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Selain itu, analisis ini juga perlu dilakukan sebelum membangun sebuah sistem. Dengan adanya analisis maka kemungkinan terjadinya kesalahan akan lebih sedikit. Analisa dilakukan pada berbagai hal termasuk biaya, peralatan, kebutuhan, dan cara mengatasi masalah.

Sistem dan Data

Sistem dan data merupakan satu kesatuan. Sebuah sistem tidak akan mampu berjalan tanpa adanya data. Sistem bisa berjalan apabila ada input, proses, dan output. Dibandingkan jurusan di bidang ilmu komputer lain, jurusan ini akan lebih banyak berhubungan dengan data. Oleh sebab itu, Anda yang paham mengenai sistem dan data memiliki keunggulan.

Pemrograman

Meskipun banyak berhubungan dengan sistem dan data namun jurusan ini tetap masuk ke dalam rumpun ilmu komputer. Oleh sebab itu, Anda tetap akan mempelajari bahasa pemrograman meskipun tidak secara mendalam seperti jurusan lainnya. Dalam mata kuliah ini, Anda membutuhkan kemampuan logika dan pemecahan masalah yang baik. Apabila ingin menguasai pemrograman, Anda bisa mengambil mata kuliah peminatan.

Ekonomi

Tidak seperti jurusan ilmu komputer lain, mahasiswa Sistem Informasi akan mempelajari ilmu ekonomi. Hal ini lantaran lingkup kerja lulusan Sistem Informasi juga berhubungan dengan bisnis dan klien. Beberapa hal yang dipelajari biasanya yaitu akuntansi, manajemen, hingga peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan jurusan. Jadi Anda jangan merasa kaget apabila menemukan mata kuliah wajib di bidang ilmu ekonomi.

Itulah 5 mata kuliah wajib yang akan Anda pelajari di jurusan Sistem Informasi. Jika memang passion Anda adalah di jurusan ini maka Anda harus mengembangkannya sebaik mungkin. Pilih perguruan tinggi yang mampu meningkatkan skill sehingga Anda bisa bersaing secara global. IDS Digital College merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin mempelajari ilmu komputer secara profesional.

Pengajar yang dimiliki perguruan tinggi ini merupakan pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Selain itu, IDS Digital College juga menggunakan kurikulum bertaraf internasional untuk membantu lulusannya bersaing secara global. Informasi lebih lengkapnya bisa langsung Anda lihat pada website IDS Digital College di ids.ac.id.

Related Articles

Check Also

Close
Close