Perkembangan janin dari minggu ke minggu

Perkembangan Janin Dari Minggu Pertama Sampai Minggu Ke- 15

Bagi anda para calon ibu pastinya ingin tahu mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu. Untuk itu banyak sekali ibu hamil yang memeriksakan kandungannya baik itu ke bidan ataupun juga ke dokter kandungan untuk bisa mengetahui perkembangan janin yang di kandungnya.

Berikut ini salah satu website yang membahas mengenai informasi dunia kehamilan yaitu Duniamamy.com akan memberikan perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Pada minggu pertama dan juga minggu kedua masih terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, Selanjutnya pada proses pembentukan sperma dan juga sel telur. Selanjutnya pada minggu ketiga biasanya kehamilan masih belum terdeteksi, Hal ini dikarenakan kebanyakan ibu masih belum menyadari bahwa tengah hamil. Baru pada minggu keempat, kehamilan sudah bisa terdeteksi. Pada minggu kelima janin sudah membentuk organ-organ tubuh seperti jantung, kulit, otak, tulang belakang, rambut dan juga yang lainnya.

Pada usia kehamilan 6 minggu, detak jantung sudah mulai terdeteksi. Pada usia 7 minggu kehamilan, ukurannya janin sekitar 5-13 mm dengan berat 0.8 gram. Pada usia 8 minggu, panjang janin bertambah  menjadi 14-20 mm. Pada usia 8 minggu, bagian ujung hidung janin kemudian kelopak mata sudah mulai berkembang walaupun belum terlihat sempurna. Pada usia 9 minggu kehamilan, ukuran janin bertambah 22-30 mm dan berat juga bertambah yaitu sekitar 4 gram. Pada usia kehamilan 10 minggu, janin yang dikandung mengalami perkembangan lagi yaitu panjangnya 32-43 mm dan beratnya 7 gram.

Pada usia kandungan ke- 11 minggu, ukuran janin yaitu sekitar 6,5 cm. Selanjutnya pada usia kandungan menginjak minggu ke-12, panjang janin yaitu sekitar 6-7 cm. Pada usia kandungan 13 minggu, janin bertambah panjangnya menjadi 76 mm dan juga beratnya bertambah menjadi 19 gram. Pada usia kehamilan ke- 14, ukuran janin sekitar 80-110 mm dan beratnya sekitar 25 gram.  Dan pada usia kandungan menginjak minggu ke-15 yaitu janin yang sedang dikandung sudah bisa menghisap ibu jarinya sendiri dan juga sudah bisa menggenggam tangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *