Ibu & AnakKesehatan

Tips Bijak Mengajari Anak Berhitung

Tips mengajari anak berhitung, membaca dan menulis perlu dipelajari oleh setiap orangtua. Hal ini sangat peting dilakukan karena hal ini merupakan tantangan besar bagi para orangtua. Bagaimana caranya membimbing anak untuk bisa cerdas dalam bidang akademis. Belajar berhitung, membaca, dan menulis dapat dilakukan orang tua sejak anak masih usia dini atau saat anak sudah bisa berbicara dengan baik.

Namun hal ini bukanlah hal yang mudah, mengingat mood anak yang mudah bosan dan lebih suka bermain. Sehingga orangtua dituntut untuk menciptakan belajar sambil bermain agar anak tidak bosan. Berikut ada beberapa tips mengajari anak menghitung, diantaranya;

Belajar berhitung

     Perhatikan ruangan / tempat

Ketika anda ingin menciptakan suasana bermain sambil belajar. Pilihlah tempat yang nyaman bagi si kecil. Bisa itu di tempat favoritnya anak dirumah, taman bermain dan sebagainya. Jika di dalam ruangan pastikan memiliki pencahayaan yang bagus, agar anak dapat melihat buku, atau benda apapun yang digunakan untuk belajar. Jika anda ingin menciptakan suasana yang berbeda, anda bisa memilih taman, teras rumah dimanapun yang penting si anak merasa nyaman dan senang.

      Perhatikan metode belajar

Sebenarnya belajar berhitung tidak hanya berpaku pada buku. Anda bisa menggunakan benda lain untuk mengajari anak menghitung. Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengajari anak menghitung. Pilihlah metode sesuai dengan kondisi dan situasi yang sedang dihadapi. Misalnya jika sedang di dapur, anda bisa mengajak anak untuk menghitung alat dapur, sayuran buah dan sebagainya. Jika sedang bermain, anda bisa memberinya permainan yang dapat meningkatkan kemampuan menghitung anak.

      Jangan mudah marah

Anak-anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. jika anak anda mengalami kesulitan, hendaknya jangan langsung marah. Tetap sabar dan ajari secara perlahan-lahan sampai anak paham dengan apa yang diajarkan. Karena dengan marah, tidak akan ada gunanya juga.

Itulah beberapa tips mengajari anak menghitung. Jangan terlalu memaksakan anak untuk belajar berhitung. Apalagi jika mood mereka sedang buruk. Jika tidak mereka akan stress dan tidak mudah menghapal apa yang di ajarkan.

Related Articles

Close