cara menghitung usia kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan Menggunakan USG

Sebagai suatu cara dalam menghitung usia kehamilan memang banyak caranya, namun ketepatannya belum menjamin apakah hamil atau tidak. Oleh karena itu, penting mengetahui usia kehamilan anda yang dilakukan melalui beberapa langkah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Seperti yang sebagian ibu lakukan dalam menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan metode Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) untuk menentukan usia kehamilan serta hari perkiraan akapan janin akan lahir (HPL). Dengan kata lain, HPHT dihitung sebagai hari pertama berlangsungnya kehamilan anda. Dokter akan berpatokan pada asumsi bahwa konsepsi atau pembuahan terjadi pada hari ke-14 dari siklus menstruasi. Dengan mengetahui hari pertama dari periode haid terakhir anda, dokter pun dapat menghitung usia janin. Adapun cara menghitung usia kehamilan menggunakan USG adalah sebagai berikut.  

Cara menghitung usia kehamilan dengan Pemeriksaan USG adalah hal yang sering dianggap paling akurat dibandingkan dengan cara-cara lainnya dan faktanya tingkat akurasi menghitung kehamilan dengan alat USG bisa mencapai 95 persen menggunakan alat canggih seperti saat ini pada umumnya menggunakan mesin 4 dimensi. Selain itu memeriksa dan menghitung usia kandungan melalui USG dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan USG transvaginal dan USG transabdominal. Adapun langkah dalam melakukan USG transvaginal biasanya dilakukan pada awal kehamilan  yang dilakukan dengan cara atau melalui jalan lahir, untuk memastikan keberadaan kantong janin dan lokasi janin. Sementara, USG transabdominal dilakukan dengan cara merekam melalui dinding perut pada saat kandungan sudah membesar dan terlihat, untuk melihat gambaran maupun pergerakan janin secara lebih jelas.

Dari kedua di atas maka untuk mendapatkan hasil penghitungan yang akurat, dokter akan meminta anda untuk melakukan pemeriksaan USG pada saat kehamilan berusia di antara minggu ke-8 dan ke-18. Penghitungan dilakukan dokter dengan berbagai cara misalnya, Mengukur diameter kantong kehamilan, mengukur panjang janin dari kepala sampai bokong  dan mengukur lingkar kepala janin serta menghitung Usia Kehamilan dari Tinggi Puncak Rahim. Itulah cara menghitung usia kehamilan menggunakan alat medis yaitu USG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *