Ibu & Anak

Mengatur Pola Makan Anak

Setiap anak memiliki karakter masing-masing, semuanya tergantung pola asuh orang tua. Anak akan tumbuh dan perkembangan sesuai dengan apa yang mereka makan dan setiap apa yang diajarkan oleh orang-orang disekitarnya. Untuk masalah pola makan, orang tua biasanya selalu memanjakan anak dengan berbagai keinginannya, seperti mainan, pakaian, bahkan makanan. Di setiap usia pertumbuhannya, setiap anak memiliki kebutuhan gizi di setiap usianya, jika pola makan tidak di atur, maka akan berakibat pada pertumbuhannya, salah satunya obesitas.

Penyebab obesitas banyak sekali faktor yang dipengaruhinya, seperti makanan dan pola hidup kurang sehat. Setiap makanan yang dikonsumsi oleh anak akan berdampak baik dan buruk terhadap pertumbuhannya, maka dari itu para orang tua harus selalu memperhatikan setiap makanan yang di konsumsi oleh anak. Parenting Indonesia kali ini kita akan membahas mengatur pola makan pada anak.

Pola makan pada anak pada dasarnya harus memenuhi gizi seimbang, yaitu asupan nutrisi yang cukup untuk masa pertumbuhannya, masa pertumbuhan anak di setiap usianya sangatlah penting dalam perkembangan otak, tulang, dan organ tubuh lainnya, maka dari itu orang tua harus selalu menjaga pola makan anak yang tidak sesuai dengan porsinya.

Makanan untuk anak tidak harus selalu mahal, yang terpenting kebutuhan gizi setiap hari selalu terpenuhi, seperti asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, zat besi, kalsium dan sebagainya. Porsi makan anak jangan sampai berlebihan agar tidak terjadi obesitas, karena obesitas merupakan faktor terjadinya berbagai macam penyakit bagi anak nantinya. Untuk itu, selalu memperhatikan menu masakan setiap hari di rumah agar anak tidak jajan di luar dan merasa betah makan di rumah.

Sahabat Parenting Indonesia, di usia pertumbuhannya, alangkah baiknya anak diberikan nutrisi tambahan sebagai pendamping makanan pokok yang di konsumsi setiap hari, seperti vitamin dan susu. Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi anak, sehingga mengkonsumsi susu sangat baik bagi sistem pencernaan, pertumbuhan dan menjaga daya tahan tubuhnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close